Marzuki: Jokowi wakili demokrasi prosedural

Minggu, 16 Februari 2014 - 13:54 WIB
Marzuki: Jokowi wakili...
Marzuki: Jokowi wakili demokrasi prosedural
A A A
Sindonews.com - Elektabilitas dan popularitas Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) di berbagai lembaga survei tidak serta merta Jokowi dianggap sebagai pemimpin yang layak untuk memimpin Indonesia.

Wakil Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie mengatakan, ketokohan Jokowi yang tinggi di survei merupakan representasi demokrasi prosedural. Menurutnya, Jokowi harus membuktikan dari segi kualitas kepemimpinannya.

"Kami mau demokrasi yang subtansial, bukan prosedural. Kalo orang yang dihasilkan melalui survei itu demokrasi prosedural. Tapi kita inginkan kepemimpinan Indonesia berdasarkan demokrasi subtansial," kata Marzuki, di Galery Cafe, Taman Ismail Marzuki,Cikini, Menteng, Jakarta, Minggu (16/2/2014).

Alasan Marzuki mengatakan Jokowi mewakili Demokrasi prosedural, lantaran orang nomor 1 di DKI Jakarta tersebut belum bisa membuktikan dari segi gagasan kepemimpinan Indonesia.

Tuntutan seorang dikatakan layak untuk memimpin Indonesia bukan dari faktor popularitas di survei, melainkan wawasan perubahan bangsa.

Sehingga, menurut dia, ukuran subtansi demokrasi bukan dinilai seberapa besar tingkat elektabilitas dan popularitas seseorang. Tetapi dia mampu mengatasi persoalan bangsa.

"Kalau mau bicara elektalibtas, tidak jelas ukurannya seperti apa, gagasan-gagasannya seperti apa. Dia harus ngerti masalah (bangsa) disana," ujarnya.

Namun bagi Marzuki, dirinya tidak bisa menilai Jokowi orang yang pantas atau tidak untuk menjadi calon presiden mendatang. Sebab, penilian utama ada di masyarakat termasuk soal kinerja Jokowi sebagai Gubernur Jakarta.

"Ya kan kita tahu masih ada banjir, macet yang kita alami di Jakarta. Silakan media lihat itu, pertanyakan itu," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7261 seconds (0.1#10.140)