Panglima TNI akui 'berdarah-darah' belajar di UI

Sabtu, 08 Februari 2014 - 20:14 WIB
Panglima TNI akui berdarah-darah...
Panglima TNI akui 'berdarah-darah' belajar di UI
A A A
Sindonews.com - Panglima TNI Jenderal Moeldoko telah menyelesaikan disertasinya yang berjudul 'Kebijakan dan Skenario Planning, Pengelolaan Kawasan Perbatasan di Indonesia (Studi Kasus Perbatasan Darat di Kalimantan)'.

Berdasarkan hasil sidang promosi doktor yang digelar beberapa waktu lalu, Moeldoko mendapatkan nilai sangat memuaskan. Namun, untuk mendapatkan prestasi ini, Moeldoko mengaku bukan persoalan mudah.

"Perasaanya bukan hanya lega, ada kepuasan tentu. Kuliah di UI berdarah-darah, tak bisa asal-asalan, belajarnya beneran, enggak bisa disambi, jangan anggap ringan," ujarnya di Gedung Rektorat UI, Depok, Sabtu (08/02/2014).

Menurutnya sistem belajar di UI sangat ketat, sehingga harus mengorbankan jam tidurnya karena terbagi dengan tugas utama sebagai Panglima TNI. "Yang tadinya saya bisa tidur enam jam, sekarang empat jam paling lama," ucapnya.

Pada kesempatan itu dia menyampaikan, kerja keras adalah kunci utama dalam mencapai keberhasilan. Termasuk prestasinya saat ini merupakan kebiasaan kerja keras yang dijalani sejak dulu.

"Semua dari pengalaman saya mulai dari Taruna sampai Lemhanas selalu nomor satu. Kerja keras dan melampaui dari teman-teman yang belajar. Saya dari SD-SMA sih nilai pas-pasan, tapi setelah di Akmil (Akademi Militer)pendidikan itu menjadi menarik," ungkapnya

Berita:
Jenderal Moeldoko terima pengharagaan militer dari Singapura
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7296 seconds (0.1#10.140)