Bencana hambat penyaluran logistik pemilu

Kamis, 06 Februari 2014 - 15:42 WIB
Bencana hambat penyaluran logistik pemilu
Bencana hambat penyaluran logistik pemilu
A A A
Sindonews.com - Bencana alam yang melanda sejumlah daerah di Indonesia menghambat distribusi logistik pemilu.Setidaknya hal itu diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima keluhan dari KPU daerah soal logistik pemilu yang terkena dampak bencana.

"(Logistik) yang hilang dan rusak itu di Maluku, Medan. Yang di Sinabung di tanah Karo itu malah nggak ada yang rusak," ujar Komisioner KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Menurt dia, ada dua tahapan yang sudah dilakukan KPU dalam melakukan pengadaan logistik. Pertama, soal jadwal pengiriman yang diklaim KPU tepat waktu. Kedua, soal bentuk (spek) logistik pemilu yang ditemukan tidak sesuai ukurannya.

"Laporan kehilangan dan kerusakan sekarang sedang dalam proses. Kalau emang nggak bisa ditanggulangi sendiri oleh KPU propinsi ya kita bantu," ujarnya.

Arief menegaskan, sejumlah logistik yang terkena dampak bencana adalah seperti bilik suara dan kotak surat suara yang sudah terkirim di masing-masing KPU Kabupaten/Kota yang disalurkan oleh KPU Provinsi. "Secara keseluruhan nggak ada masalah. Yang dalam proses kan surat suara, formulir tinta dan segel," tuturnya.

Selanjutnya, KPU melakukan penyaluran distribusi surat suara yang ditargetkan bakal disalurkan akhir bulan ini. "Akhir Februari bisa didistribusikan," katanya.

Berita:
KPU siapkan anggaran bencana
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8576 seconds (0.1#10.140)