UI Peduli bentuk tim khusus

Selasa, 04 Februari 2014 - 14:39 WIB
UI Peduli bentuk tim khusus
UI Peduli bentuk tim khusus
A A A
Sindonews.com - Beberapa pekan terakhir, bencana terus menimpa tanah air. Dari erupsi Gunung Sinabung, banjir tahunan Jakarta, hingga banjir bandang di Manado. Belum lagi sederet gunung yang saat ini berstatus waspada. Untuk itu, Universitas Indonesia (UI) melalui UI Peduli membentuk tim khusus.

Mereka terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, School of Volunteers (SoV) UI, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), dan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Rektorat UI. Seluruhnya tergabung dalam UI Peduli melakukan tanggap bencana.

Ketua BEM UI M Ivan Riansa mengatakan langkah tersebut diambil karena setiap pihak yang bernaung dalam UI Peduli yakin bahwa manfaat yang akan bisa diberikan kepada para korban bencana akan lebih optimal jika mereka bergerak bersama-sama secara terkoordinir.

Ivan mengatakan untuk banjir Jakarta, UI Peduli juga telah melakukan beberapa aksi, di antaranya penggalangan dana. "Kami sudah terjunkan relawan, pembuatan posko utama untuk infomasi dan logistik, hingga assessment titik bencana, seperti di daerah Pesing, Cililitan, Bidaracina, dan Kampung Dalem," katanya di Depok, Selasa (4/2/2014).

Sementara untuk bencana erupsi Sinabung dan banjir bandang Manado, kata Ivan, aksi fokus pada penggalangan dan penyaluran dana. Sementara untuk menurunkan relawan ke Sinabung masih dalam koordinasi. "Sejauh ini telah dilakukan penyaluran dana pertama untuk erupsi gunung Sinabung dan banjir Manado di bulan Januari," ungkapnya.

Ivan bergarap gerakan ini menjadi langkah awal dari kolaborasi gerakan bersama seluruh civitas akademika UI. "Juga bisa menjadi acuan bagi kampus lainnya, kami BEM UI sebagai salah satu inisiator gerakan ini," kata Ivan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8024 seconds (0.1#10.140)