Anas & PPI diminta tidak mengumbar statement politik

Selasa, 14 Januari 2014 - 13:29 WIB
Anas & PPI diminta tidak mengumbar statement politik
Anas & PPI diminta tidak mengumbar statement politik
A A A
Sindonews.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyarankan Anas Urbaningrum dan Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) untuk lebih kooperatif dalam penegakan hukum di Indonesia.

Peneliti ICW Abdullah Dahlan menyayangkan langkah Anas dan PPI yang cenderung mengeluarkan statement yang bersifat politis ketimbang pengungkapan fakta mengenai kasus Hambalang.

"Kubu Anas harus meniru langkah yang diambil oleh Andi Mallarangeng untuk tidak mengeluarkan statement politik, tetapi lebih kepada mengungkapkan fakta kepada penyidik di KPK," ujar Abdullah, saat dihubungi wartawan, Selasa (14/1/2014).

Menurut Abdullah, masyarakat saat ini menunggu apa yang dijanjikan Anas mengenai babak baru kasus Hambalang. Oleh karenanya, diperlukan komitmen dari PPI dan Anas Urbaningrum.

"Hal itu lebih penting ketimbang harus mengumbar statement yang belum bisa dipertanggungjawabkan jika tidak didukung data dan fakta," tambahnya.

Lebih lanjut, Abdullah mengapresiasi langkah yang diambil Andi Mallarangeng dalam menghadapi kasus Hambalang dengan mengundurkan diri dari kursi menteri dan Ketua Partai Demokrat guna memudahkan tim penyidik KPK untuk memeriksanya.

"Sikap kooperatif Andi Mallarangeng ini harusnya bisa menjadi contoh bagi semua pihak dalam proses penegakan hukum di Indonesia," tegasnya.

Perbedaan antara Andi Malarangeng dan Anas Urbaningrum antara lain, Andi Mallarangeng tidak mengumbar statement yang membingungkan masyarakat dan lebih kooperatif dibandingkan Anas Urbaningrum.

Selain itu, kubu Andi Mallarangng lebih berani menghadapi persiapan penahanan dibandingkan Anas Urbaningrum. Hal itu terlihat dari pengerahan massa saat Anas akan ditahan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6612 seconds (0.1#10.140)