Minim anggaran, Polri kerahkan 1/6 kekuatan amankan pemilu

Kamis, 09 Januari 2014 - 19:31 WIB
Minim anggaran, Polri...
Minim anggaran, Polri kerahkan 1/6 kekuatan amankan pemilu
A A A
Sindonews.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dipercayakan pemerintah untuk mengamankan Pemilu 2014 mendatang. Namun, minimnya anggaran dikhawatirkan membuat Polri tak bisa menurunkan pasukannya dengan maksimal.

Kasubbag Sub Program Mabes Polri AKBP Herry Ardyanto mengatakan, pihaknya hanya akan menerjunkan seperenam kekuatannya untuk mengamankan pemilu tahun ini. Pasalnya, permintaan dana untuk mengawal pemilu sebesar Rp3,5 triliun tidak dikabulkan.

"Makanya kita koordinasi dengan Kemenkeu dengan jaminan kita diberi Rp1 triliun. Kekuatan bisa berubah, tidak 290.000 sekian, kalau Rp3,5 triliun bisa gerakkan 2/3 kekuatan, kalau Rp1 triliun, hanya seperenam kekuatan," kata Herry, usai rapat koordinasi kegiatan tahapan dan persiapan Pemilu 2014, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (9/1/2014).

Menurut Herry, anggaran yang diajukan belum masuk pada pagu anggaran Polri. Sehingga alokasi anggaran yang bakal digunakan berasal dari anggaran cadangan kas negara.

Anggaran tersebut, lanjut Herry, untuk mendanai seluruh kegiatan pemilu mulai dari kampanye, Pemilu Legislatif, hingga Pemilu Presiden. Tetapi untuk pengawalan logistik pemilu, akan dikoordinasikan dengan KPU.

"Sudah dianggarkan apa belum? Memang sebenarnya kalau beban tugasnya di KPU, kalau anggaran di KPU kita siapkan personelnya," ujarnya.

Seperti diketahui, selain Polri, KPU juga menyerahkan proses pengamanan pemilu kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI). Namun, TNI bersifat pasukan perbantuan. Sementara, tugas utama keamanan pemilu diserahkan kepada Polri dan perangkat sipil lainnya.

Baca berita:
Dana belum 100% cair, Polri tetap profesional
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9444 seconds (0.1#10.140)