Kiat UGM ciptakan masyarakat sehat

Senin, 06 Januari 2014 - 00:24 WIB
Kiat UGM ciptakan masyarakat sehat
Kiat UGM ciptakan masyarakat sehat
A A A
Sindonews.com - Menyadari akan pentingnya kesehatan jasmani, masyarakat serta civitas akademikanya, Universitas Gajah Mada (UGM) meluncurkan program UGM Sehat.

Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan rutin tiap hari Minggu pagi ini terbuka untuk umum berupa senam massal.

"UGM Sehat merupakan salah satu program yang didedikasikan oleh UGM untuk membangun generasi sehat. Menjadi kewajiban UGM untuk tidak hanya menghasilkan lulusan yang cerdas, tapi juga harus sehat," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Prof dr Iwan Dwiprahasto, di UGM, Yogyakarta, Minggu 5 Januari 2014.

Iwan mengatakan, agar masyarakat bersemangat mengikuti berbagai kegiatan yang menyehatkan seperti senam massal UGM Sehat. Kegiatan yang juga dilaksanakan di sepanjang Jalan Olahraga UGM ini merupakan komitmen UGM untuk memberikan area berolahraga yang luas bagi warga Yogyakarta.

"Semua orang dapat bergabung dalam kegiatan ini. Mari kita sehat bersama," ajak Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM ini.

Terpisah, Direktur ECC UGM Nurhadi ST menyambut baik diselenggarakannya program 'UGM Sehat'. Menurutnya, pogram tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama bagi para mahasiswa.

"Dalam pengalaman kami melakukan rekruitmen di Yogyakarta, kurang primanya kesehatan fisik merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan dalam tes mencari kerja," tuturnya.

Nurhadi menjelaskan, berdasarkan hasil tes kesehatan peserta rekruitmen yang gagal, 34 persen disebabkan oleh tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh. Penyebab kegagalan terbesar kedua adalah EKG yang abnormal sebesar 17 persen.

“Olahraga menjadi salah satu solusi agar seluruh civitas akademika menjadi lebih sehat. Bagi mahasiswa khususnya, olahraga juga membantu untuk lebih siap memasuki dunia
kerja,” tandasnya.

Tak hanya senam massal, dalam 'Ugm Sehat' tiap minggunya akan dimeriahkan oleh penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UGM yang akan unjuk kebolehan secara bergiliran. Pada penyelenggaraan pertama UGM Sehat, kesempatan bagi UKM bela diri Merpati Putih menunjukkan berbagai atraksi gerakan-gerakan silat dan kemampuan mematahkan besi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7808 seconds (0.1#10.140)