Alasan penggerebekan teroris hingga 9 jam

Rabu, 01 Januari 2014 - 18:08 WIB
Alasan penggerebekan teroris hingga 9 jam
Alasan penggerebekan teroris hingga 9 jam
A A A
Sindonews.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 menggerebek sebuah rumah yang dijadikan tempat perlindungan (safe house) terduga teroris di Ciputat, Tangerang Selatan. Namun penggerebekan itu berlangsung hampir sembilan jam.

Sekira pukul 20.00 WIB Densus mulai penggerebekan, hingga 05.00 WIB teroris dipastikan berhasil dilumpuhkan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar mengungkapkan salah satu kendala penggerebekan begitu lama adalah faktor kehati-hatian.

"Bahwa kejahatan teror bukan konvensional, jadi kalau kita menghadapi, yang perlu kita perhatikan keselamatan, mereka orang yang militan dan didukung senpi dan bahan peledak," kata Boy kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2014).

Kendala lain yang membuat penggerebekan begitu lama karena lokasi yang sulit diakses oleh anggota Densus 88. Adanya informasi kepemilikan senjata api serta bahan peledak di tempat kejadian perkara (TKP) juga membuat mereka lebih berhati-hati.

"Kemudian dari lokasi dan tempat memang cukup menyulitkan bagi petugas untuk penetrasi ke dalam karena dari awal ada informasi senjata api dan bahan peledak. Kita memperhatikan faktor safety," terangnya.

"Kalau petugas masuk lalu diledakkan bersama, itu bisa terjadi. Oleh karenanya, diambil risiko terkecil seperti itu," pungkasnya.

Baca:
9 jam Densus 88 muntahkan 6 ledakan
Penyergapan teroris Ciputat pengembangan dari Banyumas
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4574 seconds (0.1#10.140)