Usir gundah, peserta AITMO pelesiran

Minggu, 29 Desember 2013 - 20:29 WIB
Usir gundah, peserta AITMO pelesiran
Usir gundah, peserta AITMO pelesiran
A A A
Sindonews.com - Ratusan pelajar dari 11 negara peserta Asia Inter-Cities Teenagers Mathematics Olympiad (AITMO) 2013 sepanjang pagi hingga siang tadi memanfaatkan hari terakhirnya di Indonesia dengan mengunjungi Istana Bogor dan menikmati wahana penguji adrenalin di Jungleland.

Meski cuaca pagi menuju siang cenderung panas, para pelajar tetap senang mencoba berbagai wahana yang ada di Jungleland. Area wisata yang berlokasi di Sentul itu menjadi sarana yang sangat pas untuk melepaskan ketegangan mereka usai mengikuti kompetisi yang memeras otak.

Di atas lahan seluas 35 hektare ini para pelajar mencoba berbagai wahana. Dari wahana yang bergerak secara vertikal hingga yang berputar 180 derajat. Saat menaiki wahana yang berada di ketinggian 45 meter dari permukaan tanah, para peserta cukup terkagum-kagum dengan pemandangan alam Sentul dan Gunung Pancar dan sekitarnya.

Saat berkunjung ke Istana Bogor, salah seorang pelajar tingkat 9 dari Thailand, Tham, mengaku sangat terkejut. “Di negeri kami, tidak ada pohon sebesar itu,” ucapnya lugas.

Tham juga menyukai tahu yang menurutnya makanan lezat yang ia jumpai selama mengikuti AITMO. Keindahan alam pegunungan di Bogor juga dikagumi peserta asal China, Chang Xin Yuan, pelajar SMP tahun terakhir. Namun ada yang dia heran, “Cuacanya panas.”

Disinggung mengenai soal matematika yang dikompetisikan, baik Tham maupun Yuan mengaku cukup sulit menyelesaikannya. “Soal-soalnya tidak sama seperti yang biasa kami latihan. Sepertinya soal-soal ini untuk mahasiswa,” kata Tham.

Susahnya soal yang diberikan panitia AITMO membuat Yuan dan teman-teman setimnya kurang optimis bisa mengukir prestasi di ajang bergengsi ini.

Pada malam ini, panitia AITMO akan mengumumkan hasil kompetisi yang telah diikuti para pelajar se-Asia ini.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7790 seconds (0.1#10.140)