Seni budaya Jabar buka AITMO 2013

Jum'at, 27 Desember 2013 - 15:40 WIB
Seni budaya Jabar buka AITMO 2013
Seni budaya Jabar buka AITMO 2013
A A A
Sindonews.com - Kompetisi Matematika bagi remaja tingkat Asia, Asia Inter-Cities Teenagers Mathematics Olympiad (AITMO) 2013 resmi dibuka pada pagi tadi. Pembukaan ajang dua tahunan ini diramaikan seni budaya tradisional Jawa Barat (Jabar).

Di aula STEI Tazkia, Sentul, Bogor, yang digunakan sebagai lokasi pembukaan AITMO 2013, tujuh remaja putri dari Sanggar Seni Citra Budaya Bogor menampilkan Tari Merak, puluhan siswa-siswi SD Insan Kamil Bogor memainkan musik angklung, serta penampilan seni Rampak Patingtung.

Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Elvira menandai pembukaan AITMO dengan pemukulan gong, didampingi Ketua Penyelenggara yang juga pendiri Klinik Pendidikan MIPA (KPM) R Ridwan Hasan Saputra dan Ketua International Mathematic Contest (IMC) When Hsien Sun, Wali Kota Bogor Bima Arya, dan perwakilan dari Pemkab Bogor.

Dalam sambutannya, Ridwan lebih banyak mengenalkan keberadaan KPM, lembaga pendidikan yang dikelola dengan sistem seikhlasnya. Sebagai perwakilan Indonesia, Ridwan tak menargetkan apapun untuk anak didiknya yang jadi peserta AITMO. Seperti halnya pada kompetisi-kompetisi serupa sebelumnya, walau tanpa target tertentu, anak didik KPM berhasil menorehkan prestasi.

Pada AITMO ke-6 ini, Indonesia mengutus 32 siswa. Mereka siap berlomba bersama 129 siswa peserta lain yang telah tiba di Bogor, sejak Kamis 26 Desember kemarin. Selain dari Indonesia, mereka berasal dari China, Kazakhstan, Thailand, Filipina, Iran, India, Taiwan, Malaysia, dan Bulgaria.

Pertarungan mereka dalam menyelesaikan soal-soal Matematika dan bermain puzzle akan berlangsung besok, Sabtu 28 Desember 2013. Salah seorang peserta, Valarisa, siswi kelas IX SMP Al Azhar 8 Kemang Pratama, Bekasi mengatakan, AITMO 2013 ini merupakan kompetisi internasional ke tiga yang diikutinya. Ia berharap, bisa memperoleh medali pada AITMO 2013 demi mengharumkan nama bangsa.

Hari ini, seluruh peserta yang merupakan pelajar SMP dari 10 negara akan berkeliling Istana Bogor dan pusat tas SKI Tajur, usai upacara pembukaan.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4456 seconds (0.1#10.140)