Prediksi Anas terkait SBY-Prabowo-Yusril

Kamis, 26 Desember 2013 - 22:58 WIB
Prediksi Anas terkait SBY-Prabowo-Yusril
Prediksi Anas terkait SBY-Prabowo-Yusril
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mempunyai analisa sendiri terkait pertemuan trio pemimpin partai.

Pemimpin partai itu yakni, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo dan Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra di Kantor Presiden beberapa waktu lalu.

"Jelang 2014 tentu Pak SBY butuh bangun kerjasama politik baru. Untuk kelanjutan programnya dan keselamatan diri dan klrga. Dgn angka elektabilitas Demokrat yg skrg, koalisi untuk bisa majukan capres-cawapres adalah keniscayaan. Tdk bisa tdk. #cawapressby," kicau Anas di twitternya, @anasurbaningrum, Kamis (26/12/2013) malam.

"Demikian halnya dgn Pak Prabowo. Butuh kawan berkoalisi. Gerindra tdk mudah tembus ambang batas presidensial. Dari berbagai survei, yg relatif bisa tembus treshold presidensial adalah PDIP. Mungkin juga Golkar jika tdk ada masalah. #cawapressby," imbuhnya.

Anas menjelaskan, sebenarnya antara SBY, Prabowo dan Yusril sama-sama punya kepentingan di Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang. "Jadi Pak SBY dan Pak Prabowo, PD dan Gerindra, sama2 ada hajat untuk buka rintisan kerjasama. Hal yg wajar dlm politik. #cawapressby," ungkapnya.

"Bagi partai2 yg tdk tembus treshold presidensial, koalisi adalah jalan satu2nya untuk punya tiket dalam pilpres. Jika Gerindra dan Demokrat berjodoh nanti pada 2014, maka pasangan Prabowo-SBY layak dipertimbangkan. Bisa kuat. #cawapressby," tambahnya.

Pendiri Organisasi Masyarakat (Ormas) Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) menduga, jika di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang, akan terjadi duet Prabowo-SBY dan Megawati-Jokowi.

"Saya menduga jika nanti 2014 Prabowo-SBY bertanding dng Megawati-Jokowi akan dimenangkan Prabowo-SBY. Apa Pak SBY mau berpasangan dgn Pak Prabowo atau sebaliknya dng pola Prabowo-SBY, saya tdk tahu. Yg pasti pasangan kuat. #cawapressby," tuturnya.

Dia menilai, jika SBY mau menjadi calon wakil presiden (cawapres), menurutnya, akan mengubah peta politik dan cukup mencengangkan nanti hasilnya.

"Sbg kemungkinan politik, jgn apriori diterima dan ditolak. Ada baiknya disurvei, sambil tunggu hasil pileg April 2014. Yg saya yakin adalah kalau Pak SBY mau jadi cawapres, akan jadi yg paling favorit dan jadi rebutan para capres. #cawapressby," tandasnya.

"Lalu, harap diingat bahwa skrg Bang Yusril sdg ajukan judicial review UU Pilpres. Yg diuji adalah ambang batas presidensial. Di luar PDIP dan (mungkin) Golkar, semua partai lbh aman tiketnya jika uji materi Bang Yusril dikabulkan oleh MK. #cawapressby," pungkasnya.

"Fakta elektabilitas Demokrat, Gerindra dan partai2 lain, belum aman tiketnya oleh treshold presidensial yg skrg. Artinya, jika uji materi Bang Yusril sukses, scr politik tdk hanya untungkan PBB. Demokrat dan partai2 lain juga trm manfaat. #cawapressby," tuntasnya.

Malam ini Anas sindir SBY-Prabowo-Yusril
Sinyal Prabowo merapat ke Demokrat
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7007 seconds (0.1#10.140)