Warga Kudus heboh kue Natal raksasa

Rabu, 25 Desember 2013 - 15:25 WIB
Warga Kudus heboh kue Natal raksasa
Warga Kudus heboh kue Natal raksasa
A A A
Sindonews.com - Tak berlebihan, jika Natal yang diperingati tiap tanggal 25 Desember disambut dengan suka cita. Ada banyak cara yang digelar umat Nasrani untuk menyambut moment spesial ini. Mulai dari merangkai pohon, menata rumah hingga membuat kue atau camilan lainnya.

Di Kudus, Jawa Tengah ada kue Natal raksasa yang dibuat khusus untuk menyambut semarak hari spesial itu. Kue Natal tersebut memiliki panjang 8 meter dan berat 150 kg. Kue jumbo tersebut diperkirakan cukup dimakan oleh puluhan hingga ratusan orang. Seperti apa?

Aries Susetyo tampak sibuk sekali. Di sampingnya terlihat sejumlah orang terlihat menata dan merangkai kotak demi kotak roti berwarna kecoklatan. Beberapa lainnya menata rumah berbentuk menyerupai gereja yang juga terbuat dari roti.

Sejurus kemudian, terlihat roti berbentuk kotak persegi yang panjangnya 8 meter dan lebar 1,5 meter. Lalu setelah itu, lapisan atas roti tersebut ditaburi donat dusting dan parel yang berwarna putih salju. Sebagai pemanis, di kanan kiri roti ukuran jumbo tersebut dipajang sejumlah pohon cemara berikut pernak perniknya yang memang lazim dipasang saat momen Natal.

“Akhirnya jadi juga. Capek tapi lega. Ini Cake Ciffon yang khusus kami buat untuk menyambut Natal tahun ini,” kata Aries Susetyo, Rabu (25/12/2013).

Menurut Aris, butuh waktu sekira 5 jam untuk membuat roti jumbo tersebut. Proses pembuatan sendiri melibatkan empat orang yang memang ahli dalam urusan membuat roti. Bahan-bahan yang digunakan beragam mulai dari telur, tepung ciffon, mentega, butter cream, coklat, donat dusting, parel dan lain sebagainya.

Jika ditotal berat bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti tersebut sekira 150 kg. Total biaya yang dikeluarkan untuk membuat roti jumbo ini sekira Rp3 juta.

“Di Kudus baru kali ini ada roti ciffon yang ukurannya sebesar ini. Perkiraan saya roti ini bisa dikonsumsi puluhan hingga ratusan orang,” ucapnya.

Menilik dari bahan-bahan yang digunakan, “usia” roti tersebut hanya mampu bertahan antara 2 – 3 hari. Praktis, setelah proses pengerjaan rampung, roti jumbo tersebut lantas dipajang di Hypermart Kudus. Butuh waktu sekira 4 jam untuk menata roti jumbo ini. Selain menjadi “penyambut” pengunjung Hypermart, roti tersebut rencananya juga akan dibagi-bagikan kepada warga.

Menurut Aries, aksi bagi-bagi roti ini merupakan bagian dari berbagai kasih kepada sesama saat moment Natal. Selain itu, aksi itu juga bagian dari ucapan terima kasih seluruh elemen yang ada di Hypermart kepada para pengunjung maupun warga sekitar Kudus yang telah menerima dengan baik “kehadiran” pusat perbelanjaan di Kota Kretek tersebut.

“Kami sudah berdiri selama dua tahun di Kudus. Dan sejauh ini semuanya berjalan lancar, semoga ke depan juga seperti itu. Ini berkat kerjasama berbagai pihak terkait yang ada di sini,” ucap Aries yang saat ini menjabat sebagai Divisi Manajer Hypermart Kudus ini.

Sementara itu, berdasar pantauan sejumlah pengunjung Hypermart terlihat terpukau dengan roti ciffon ukuran jumbo tersebut. Beberapa diantaranya terlihat berlama-lama memandangi satu persatu bagian roti. Dan tak sedikit yang berusaha mengabadikan roti tersebut dengan kamera yang tertanam dalam telepon genggam maupun tablet miliknya.

“Baru kali ini saya lihat roti sebesar ini,” ucap Fransisca, salah seorang pengunjung.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6725 seconds (0.1#10.140)