Pastikan keamanan, gubernur & kapolda pantau 6 gereja

Rabu, 25 Desember 2013 - 01:29 WIB
Pastikan keamanan, gubernur & kapolda pantau 6 gereja
Pastikan keamanan, gubernur & kapolda pantau 6 gereja
A A A
Sindonews.com - Sebanyak enam gereja di Kota Bandung malam ini dipantau langsung oleh unsur Muspida Jawa Barat. Mereka di antaranya terdiri dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Mochamad Iriawan, serta Ketua DPRD Jawa Barat, Irfan Suryanagara.

"Kami datang dengan semua muspida dan semua stakeholder yang lain datang keliling-keliling ke beberapa gereja malam hari ini untuk memastikan rasa aman, ketetriban, dan ketenteraman," kata Aher usai meninjau Gereja Katedral Santo Petrus, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/12/2013) malam.

Hingga saat ini, ia menyebut situasi perayaan malam Natal cukup kondusif. Hal itu diharapkan terus berlanjut hingga pasca pelaksanaan tahun baru.

"Saya dengan Kapolda sudah berkoordinasi, kemarin terakhir kita apel siaga gelar pasukan, kira-kira berjumlah 34 ribu personel untuk pengamanan Natal dan tahun baru," ungkapnya.

Untuk gereja yang dipantau, Aher menyebut ada beberapa yang dikunjungi langsung. Tapi semuanya ada di Kota Bandung. "Ada enam gereja yang kita pantau langsung," jelasnya.

Kapolda Jawa Barat, Irjan Pol Mochamad Iriawan, mengatakan pengamanan yang dilakukan sejauh ini sudah cukup baik. "Pengamanan sudah kita lakukan secara optimal," ucapnya.

Semua gereja pun sudah disisir sejak tadi pagi untuk disterilkan dari potensi gangguan keamanan. Di Bandung saja, ada lebih dari 100 gereja yang diamankan. Pengamanan juga dilakukan untuk seluruh gereja di Jawa Barat.

Sementara dalam pemantauan di Gereja Katedral Santo Petrus, Aher dan rombongan datang sekira pukul 20.30 WIB dalam cuaca hujan rintik-rintik. Rombongan para pejabat disambut Pastor Leo van Beurden. Mereka sempat berbincang sekira 15 menit. Setelah itu para Muspida meninggalkan lokasi untuk memantau gereja lainnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7569 seconds (0.1#10.140)