Persiapan pemilu di Depok sudah 60%

Selasa, 24 Desember 2013 - 10:31 WIB
Persiapan pemilu di...
Persiapan pemilu di Depok sudah 60%
A A A
Sindonews.com - Kasie Hubungan Antar Lembaga dan Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kota Depok Taufiqurrahman mengatakan, hingga saat ini persiapan jelang pemilihan umum (Pemilu) 2014 sudah mencapai 60 persen. Tahapan yang sedang dilakukan saat ini adalah validasi perbaikan terhadap daftar pemilih tetap (DPT).

"Sudah 60 persen. Validasi juga sedang dilakukan dengan mengelompokkan pemilih berdasarkan lima kelompok diantaranya berdasarkan jenis kelamin, agama, kaum difabel," kata Taufik, Selasa (24/12/2013).

Dikatakan dia, sosialisasi juga sudah dilakukan pihaknya agar masyarakat ikut menyukseskan Pemilu 2014. Termasuk membangkitkan kembali kesadaran masarakat agar berperan aktif dalam menyalurkan hak pilihnya.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke segala elemen masyarakat mulai dari kalangan pemilih pemula, kaum perempuan dan masyarakat umum. "Tahun ini kita fokus sosialisasi untuk ke pemilihan legislatif. Tahun depan difokuskan ke pemilihan presiden," tukasnya.

Hingga saat ini, Kesbangpol sudah melakukan sosialisasi kepada 1.200 peserta dari tiga kelompok. Termasuk melakukan konsolidasi kepada penyelenggara pemilu diantaranya Panwaslu dan Panwascam.

"Persiapan sudah cukup siap mulai dari KPU dan panwas. Alat peraga didistribusikan tahun 2014 seperti baliho, spanduk leaflet dan banner," kata Taufik.

Ketua KPU Kota Depok Titi Nurhayati menambahkan, pleno penetapan DPT tingkat kabupaten/kota rencananya dilakukan antara tanggal 4-6 Januari 2014. Dari hasil validasi sementara, tiga kecamatan yang dinyatakan zero invalid adalah Kecamatan Cinere, Limo dan Beji.

Mengenai kesiapan parpol, kata dia, saat ini partai sedang mempersiapkan laporan awal mengenai dana kampanye. "Batasnya tanggal 27 Desember. Laporan caleg juga menjadi tanggung jawab partai," kata Titi.

Baca berita:
Partisipasi Pemilu 2014 diprediksi tinggi
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)