Antisipasi teror Natal, Polres Karanganyar sterilisasi gereja

Selasa, 24 Desember 2013 - 08:33 WIB
Antisipasi teror Natal, Polres Karanganyar sterilisasi gereja
Antisipasi teror Natal, Polres Karanganyar sterilisasi gereja
A A A
Sindonews.com - Jajaran aparat kepolisian Polres Karanganyar hari ini mulai melakukan sterilisasi dan pengamanan di sejumlah gereja di Karanganyar dengan mengerahkan anjing pelacak dan metal detector. Penyisiran di lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya aksi teror menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Penyisiran yang dipimpin langsung Kapolres Karanganyar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Martireni Narmadiana dilakukan mulai dari Gereja Santo Pius X yang terletak di Jalan Raya Lawu Karanganyar. Di gereja yang menampung 2.000 jemaat ini, polisi melakukan penyisiran di tiap-tiap sudut ruangan gereja, termasuk deretan kursi jemaat yang akan digunakan untuk Misa Natal tak luput dari pemeriksaan anjing pelacak dan metal detektor.

Kapolres Karanganyar AKBP Martireni Narmadiana menjelaskan, penyisiran gereja ini dilakukan serentak di 133 gereja yang tersebar di Karanganyar. Untuk gereja yang berada di kecamatan, penyisiran dilakukan oleh masing-masing polsek.

"Setelah disterilisasi, gereja ditutup dan dikunci. Kalau ada barang-barang masuk ke gereja, kami minta untuk koordinasi dengan pihak kepolisian dulu," ujarnya kepada wartawan di Karanganyar, Senin 23 Desember 2013.

Menurut Kapolres pada saat Misa Natal nanti, seluruh jemaat yang datang juga akan diperiksa menggunakan metal detector. Utamanya barang para jemaat, akan diperiksa satu persatu.

"Kami juga membuat posko pengamanan di sejumlah gereja besar di Karanganyar. Petugas kepolisian dibantu masyarakat berjaga penuh di posko tersebut pada Natal hingga Tahun Baru," ungkapnya.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru kali ini melibatkan seribu lebih personel kepolisian dan organisasi masyarakat (Ormas). Personil pengamanan yang akan disebar di sejumlah posko tersebut sudah dibekali dengan prosedur pengamanan dan bertugas melakukan pengamanan selama pelaksanaan Misa Natal hingga perayaan Tahun Baru mendatang.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4487 seconds (0.1#10.140)