DPW PKB Jateng: Mahfud miliki integritas sempurna

Senin, 16 Desember 2013 - 15:55 WIB
DPW PKB Jateng: Mahfud miliki integritas sempurna
DPW PKB Jateng: Mahfud miliki integritas sempurna
A A A
Sindonews.com - Peluang bagi mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD untuk dipilih sebagai Calon Presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) semakin menguat.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB dan seluruh pimpinan cabang se-Jawa Tengah menandatangani “Deklarasi Dukungan untuk Mahfud MD sebagai Calon Presiden” di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (PAI) Tegalrejo, Magelang, Minggu 15 Desember 2013.

Deklarasi itu dihadiri DPP PKB, antara lain Sekretaris Jenderal DPP PKB Imam Nachrowi, Wakil Bendahara Bambang Susanto, dan Ketua LPP Saifullah Ma’shum, serta Ketua DPW PKB DIY Agus Sulistiono. Hadir pula dalam acara itu Ketua Tanfidziyah NU Jateng, Dr Abu Hafsin beserta seluruh jajarannya, mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi, serta sejumlah ulama di lingkungan NU seperti KH Dimyati Romli dari Ponpes Darul Ulum, Jombang, KH Abdul Muhaimin Makki dari PP Assomadiyah Bangkalan, KH Baqa Arifin, Magelang, Jateng seluruh kyai dalam jajaran Dewan Syuro PKB se Jateng.

Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori sebagai tuan rumah dalam sambutannya mengatakan, dirinya bersama pengurus sudah mendampingi Mahfud MD keliling di Jawa Tengah dan mendapatkan respon yang tinggi dari masyarakat untuk mencalonkan sebagai presiden bagi mantan Menteri Pertahanan di era Presiden KH Abdurrahman Wahid itu.

“Pertimbangan yang paling utama adalah Pak Mahfud lah tokoh nasional yang selama ini memiliki integritas yang sempurna, bersih, cakap, dan berani bertindak untuk kepentingan rakyat atas nama konstitusi” ungkap pria yang akrab disapa Gus Yusuf itu melalui rilis yang diterima Sindonews, Senin (16/12/2013).

Pertimbangan lain, Mahfud terbukti sukses memimpin MK periode 2008-2013 dan menjadikan MKRI sebagai salah satu dari 10 MK terbaik di dunia. “Pak Mahfud tidak hanya sukses menjaga marwah MK, beliau pun tidak tergoda untuk melakukan korupsi di saat para pejabat kita saat ini bergelimang harta karena memanfaatkan jabatannya untuk mencuri uang negara” tandasnya, disambut tepuk tangan.

Lebih jauh, Gus Yusuf mengatakan, untuk menjadikan Mahfud MD sebagai calon presiden pada Pemilu 2014, PKB harus mendapatkan minimum 20 persen suara pada pemilihan legislatif mendatang. Karena itu, semua pengurus dan kader PKB harus bekerja keras memenangkan PKB di Jawa Tengah.

PKB menurut Gus Yusuf, selama ini mendapat keuntungan dengan prestasi yang dicapai oleh kader terbaiknya seperti Mahfud MD. Bahkan, menurut survei CSIS Bulan November lalu, PKB yang diprediksi berada di posisi kelima pada Pemilu 2014 nanti, akan naik elektabilitasnya ke posisi keempat bila menyebutkan Mahfud MD sebagai capres yang akan diusung. Survei oleh lembaga lain menyebutkan, Mahfud MD diharapkan sebagai pemersatu parpol-parpol Islam untuk berkoalisi.

"Survei LSN itu juga mengungkapkan bahwa publik lebih memilih Mahfud sebagai capres dari PKB dibandingkan calon lain, serta menjadi tokoh yang memiliki sentimen positif paling tinggi di media massa nasional," bebernya.

"Di bidang Hak Azasi Manusia (HAM), Setara Institute pekan lalu merilis hasil survei bahwa Mahfud MD dan Jokowi merupakan tokoh yang paling peduli dan punya visi tentang HAM. Ini prestasi yang komplit dari seorang anak bangsa dan kader PKB, sudah tentu membanggakan kita semua, ya PKB ya NU,” tegas Gus Yusuf.

Tak heran, lanjut Gus Yusuf, jika Mahfud MD dikenal sebagai pewaris dan penerus fiqhi politik Gus Dur, yang menganut paham pluralisme demokratis dalam hidup bernegara. Ia selalu bersikap ingin menguatkan kebersamaan dalam pluralisme sebagai ikatan kebangsaan Indonesia yang berdasar Pancasila.

"Pak Mahfud berpandangan bahwa seluruh warga bangsa harus diperlakukan sama tanpa memandang agama, ras, dan suku. Yang dipentingkan adalah penegakan hukum secara adil bagi siapapun," sanjungnya.

Sementara itu, Mahfud yang turut diundang pada acara tersebut memberi respon singkat, ”Dukungan seperti ini sekali lagi membuat saya seperti tersandera, tersandera untuk terus berjuang memperbaiki negara” ungkapnya.

Sebelum deklarasi dimulai, para ulama NU yang datang dari setiap cabang NU Jateng itu berkumpul dengan pengurus Dewan Syuro PKB se Jawa Tengah. Mereka membahas politik dalam bentuk halaqoh dengan moderator Gus Baidowi Basyir, Ketua Dewan Syuro PKB Jateng. Tema yang dibahas antara lain mengupas kekuatan jaringan politik NU dan PKB Jateng untuk menghadapi Pemilu 2014.

Baca berita:
Mahfud MD: Agama & politik itu saudara kembar
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8241 seconds (0.1#10.140)