IDI akan tanamkan pemahaman etika kepada dokter

Senin, 16 Desember 2013 - 15:09 WIB
IDI akan tanamkan pemahaman etika kepada dokter
IDI akan tanamkan pemahaman etika kepada dokter
A A A
Sindonews.com - Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) PB IDI Prijo Sidipratomo mengatakan, peristiwa dokter Ayu salah satu alasan dokter menolak ditempatkan di daerah terpencil.

Pasalnya, selain infrastruktur yang tidak layak, keamanan dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap pasien kurang terjamin.

Untuk itu, dilakukan pembekalan etika dan bagaimana membekali para dokter, agar para dokter tidak mengalami ketakutan.

"Jangan sampai hal ini menjadi masalah pelayanan, atau malah nantinya dirujuk ke dokter lain. Karena takut salah mengambil tindakan," tandasnya saat ditemui di RS Budi Kemulian Jakarta, Senin (16/12/2013).

Prijo mengaku, akan melakukan penanganan dari hulu, dalam segi pendidikan. Berupa tekanan kepada pengelolaan FK, untuk menanamkan pemahaman etika dari awal. Bahkan, jika diperlukan akan melakukan screening.

Hal ini merupakan upaya dalam mencari calon dokter, yang bukan hanya pintar. Namun juga calon dokter yang mempunyai talenta dan rasa humanis yang baik.

"Tes-tes psikologi tetap ada, maka kami sarankan untuk melakukan tes tersebut. Sehingga dapat dilakukan mulai dari awalnya," kata dia.

Selama ini, aduan yang diterima oleh MKEK tidak banyak, sekira empat sampai lima kasus. Hal tersebut juga tidak murni perkara, ada yang berhubungan dengan pasien. Berbagai kasus berkaitan dengan dokter antar RS, bahkan kasus dengan keluarga.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5746 seconds (0.1#10.140)