Natal & Tahun Baru, Polres Garut siagakan 450 personel

Senin, 16 Desember 2013 - 13:07 WIB
Natal & Tahun Baru, Polres Garut siagakan 450 personel
Natal & Tahun Baru, Polres Garut siagakan 450 personel
A A A
Sindonews.com - Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Garut menyiagakan 450 personel Polri. Penyiagaan personel dilakukan untuk melakukan pengamanan sejumlah tempat ibadah, objek wisata, pusat perbelanjaan, dan perlintasan kereta api (KA).

“Total anggota yang disiagakan untuk menjaga keamanan dalam Operasi Lilin Lodaya tahun 2013 ini ada sebanyak 450 personel,” kata Humas Polres Garut, AKP Ridwan Tampubolon, Senin (16/12/2013).

Selain akan menyebar personel ke sejumlah titik, Polres Garut pun telah berkoordinasi dengan masing-masing Polsek terkait pengamanan tersebut. Di Garut, sejumlah gereja tersebar di beberapa lokasi kawasan perkotaan.

“Nanti di masing-masing gereja, kita akan tempatkan personel 22 orang. Ada yang berpakaian preman dan ada juga yang berpakaian dinas,” ujarnya.

Sejumlah gereja yang akan mendapatkan penjagaan pada peringatan Natal adalah Gereja Kristen Indonesia Jalan Bratayudha, Gereja Pantekosta Jalan Cimanuk, Gereja Roma Katholik Jalan Bank 46, GKPB Cahaya Keagungan Jalan Siliwangi, Gereja Bethel Injil Sepenuh Jalan Cimanuk, Gereja Injil Indonesia Jalan Bratayudha, Gereja Kristen Pasundan Jalan Bratayudha, Gereja Kristus Perjanjian Baru Cahaya Keagungan Jalan Siliwangi, dan Gereja Masehi Advent Jalan Pramuka.

Sedangkan koordinasi dengan masing-masing polsek akan dilakukan untuk pengamanan tempat objek wisata dan pusat perbelanjaan.

Adapun tempat objek wisata yang tak luput dari pengamanan Polres Garut adalah Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, Kebun Binatang Taman Satwa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Cipanas, Kecamatan Tarogong, Puncak Darajat, Kecamatan Pasirwangi, Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, dan Pantai Santolo, Kecamatan Pameungpeuk.

“Untuk pusat perbelanjaan di pusat kota, kita akan berkoordinasi dengan Polsek Garut Kota,” ujarnya.

Sementara pengamanan di perlintasan KA, sebut Ridwan, pihaknya akan menempatkan dua personel di masing-masing pintu lintasan. Pengamanan di lintasan KA ini akan bekerjasama dengan pihak PJKA.

“Di Garut total ada enam pintu perlintasan, baik perlintasan yang dilengkapi palang pintu dan yang tidak. Kita akan ikut menjaga perlintasan tersebut,” ucapnya.

Perlintasan KA ini dua diantaranya terletak di Kecamatan Kadungora, dua di Kecamatan Leuwigoong, dan dua sisanya di Kecamatan Cibatu. Menurut Ridwan, pada Operasi Lilin Lodaya ini pihak Brimob Polda Jabar tidak dilibatkan.

“Satuan Brimob Polda Jabar sudah ada yang ditempatkan di Garut. Tapi dalam operasi ini sifatnya hanya on call. Kita akan koordinasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan,” tukasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0072 seconds (0.1#10.140)