KPU maksimalkan proses cetak & distribusi surat suara

Rabu, 11 Desember 2013 - 19:25 WIB
KPU maksimalkan proses cetak & distribusi surat suara
KPU maksimalkan proses cetak & distribusi surat suara
A A A
Sindonews.com - Komisi pemilihan Umum (KPU) mengaku mempunyai terobosan baru untuk memantau jalannya proses cetak suara dan distribusi surat suara pada logistik Pemilu 2014. KPU bakal memaksimalkan Sistem Informasi Logistik Pemilu alias Silog.

Kepala Biro Logistik KPU, Boradi menegaskan, terobosan yang akan dilakukan KPU adalah dengan menempelkan keterangan lengkap di halaman depan surat suara. Termasuk di dalamnya alamat lengkap daerah pemilihan (dapil) yang akan dikirim oleh perusahaan percetakan.

"Langkah tersebut kami tempuh sebagai hasil evaluasi pada Pemilu 2009. Sebab, pada pemilu periode tahun lalu terjadi kesalahan dalam pengiriman kertas suara kebutuhan logistik pemilu," kata Boradi, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (11/12/2013).

Diterapkannya Silog, kata Boradi, cara itu untuk mengantisipasi salah kirim seperti yang terjadi pada saat Pemilu 2009. Dicontohkan dia, surat suara yang harusnya dikirim ke Dapil Sumatera Utara II tapi dikirim ke Banyumas, Jawa Tengah.

Kemudian untuk surat suara dalam level DPRD juga terjadi insiden serupa. Surat suara yang seharusnya di kirim ke Ngawi, malah terkirim ke Bangkalan, Madura.

Selaras dengan itu, Boradi juga menjelaskan, KPU akan mengoptimalkan sistem Silog untuk memonitoring perkembangan proses cetak surat suara beserta pendistribusiannya.

"Harapan kami kawan-kawan di kabupaten atau kota bisa menginput data yang diterima, terutama jika kiriman surat suara sudah sampai di dapil mereka bisa segera melaporkan hal tersebut melalui sistem Silog yang kami buat. Jadi kami tuntut peran aktif mereka juga dong," tutup Boradi.

Baca berita:
Kertas suara bisa picu konflik di Pemilu 2014
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4132 seconds (0.1#10.140)