Demo masak dan berbagi nutrisi

Jum'at, 06 Desember 2013 - 20:35 WIB
Demo masak dan berbagi nutrisi
Demo masak dan berbagi nutrisi
A A A
Sindonews.com - KORAN SINDO kembali menggelar acara Meat Up With Chef bekerja sama dengan Meat & livestock Australia (MLA). Selain demo masak, acara ini juga diisi dengan pengetahuan tentang nutrisi.

Bertempat di Restoran De’Pans, Jakarta Selatan, sesi ketiga acara ini mengajak 50 wanita dari sebuah komunitas di Jakarta untuk menyaksikan demo masak yang dibawakan Chef Vania Wibisono.

Sesuai dengan tema Beef Up Your Weekend With Australian Beef, Vania mengajak peserta memasak dua penganan berbahan dasar daging keluaran MLA, yakni Swedish meatball dan Irish beef hand pie.

“Di hari-hari biasa Anda pasti menyantap masakan lokal, nah di akhir pekan kita coba masak hidangan Barat. Tidak susah kok,” kata Vania.

Bola-bola daging khas Swedia ini pasti disukai anak-anak. Teksturnya kenyal dan rasanya gurih dengan balutan saus yang lembut dan rempah yang melimpah. Dimakannya bisa dengan kentang kukus maupun mi.

Untuk membuat bakso ala Swedia ini, tinggal mencampurkan daging cincang dengan sosis, cabai kering, sour cream, tepung roti, daun thyme, terigu, maizena, bawang bombai, serta garam dan merica. Bentuk bulat adonan tadi dan gulingkan ke dalam tepung terigu. Setelahnya tinggal menggoreng bola daging dengan mentega hingga matang.

Berikutnya Irish beef hand pie. Untuk hidangan ini, minyak zaitun dan canola dipakai untuk menumis bawang bombai. Lalu masukkan daging cincang yang sudah dicampur sosis, kentang, saus worcestershire, dan saus tomat. Masak hingga matang. Kemudian siapkan roti dan buang pinggirannya, lalu ratakan dengan penggiling adonan. Masukkan campuran daging yang telah dimasak tadi ke dalam roti, lalu panggang. Sekarang Anda punya finger fooduntuk pesta.

Di samping menyaksikan demo masak, peserta juga menambah ilmu tentang nutrisi lewat presentasi yang disampaikan ahli gizi, Muhammad Renandra Sgz. Menurut dia, daging sapi asal Australia mengandung berbagai nutrisi, seperti zat besi dan zinc(seng). Kurang zat besi, berakibat anemia. Umumnya kondisi ini menyerang anak anak, juga ibu hamil.

Prevalensi ibu hamil yang mengalami kekurangan zat besi sekitar 35%- 75%. Sementara kurang zat besi berdampak pada kurangnya nafsu makan, tubuh mudah sakit, dan pertumbuhan terhambat. Perlu diketahui, daging sapi juga mengandung omega 3 yang baik bagi kesehatan.

“Kandungan gizi daging sapi mencakup omega 3, protein, zat besi, seng, dan vitamin B,” tutur Renandra. Dianjurkan mengonsumsi daging sapi seberat 100 gram dalam 3 sampai kali seminggu.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6891 seconds (0.1#10.140)