Nelson Mandela hampir sama dengan Bung Karno

Jum'at, 06 Desember 2013 - 15:19 WIB
Nelson Mandela hampir...
Nelson Mandela hampir sama dengan Bung Karno
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD ikut berduka cita atas meninggalnya tokoh revolusioner anti-apherteid, Nelson Mandela.

Menurutnya, peran Mandela hampir sama dengan mantan Presiden RI, Soekarno (Bung Karno) yang sama-sama berjuang terhadap kesetaraan umat manusia.

"Kita tentu berduka atas kepergian Nelson Mandela. Peran Nelson Mandela hampir sama dengan peran Bung Karno. Keduanya adalah pejuang kesetaraan umat manusia. Mandela telah berhasil melawan dan melenyapkan diskriminasi yang bertahun-tahun menguasai bangsanya, Afrika Selatan," kata Mahfud melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (6/12/2013).

Kata dia, Bung Karno berhasil memimpin Indonesia melawan penjajahan dan meraih kemerdekaan untuk kemudian memberi semangat bangsa di Asia dan Afrika, agar bangkit melawan ketidakadilan imperialisme.

"Ketika pada pertengahan tahun 2012 saya berpidato di depan Perhimpunan MK dari negara-negara bekas jajahan Perancis, Ketua MK Maroko memuji-muji Bung Karno sebagai pahlawan kemerdekaan bangsa di Asia dan Afrika," terangnya.

"Mereka juga menyebut-nyebut Mandela yang berhasil memerangi rasialisme. Kita bangga punya Bung Karno dan bangsa Afrika bangga punya Mandela. Keduanya pejuang kemanusiaan. Meskipun tidak sampai 'tuntas' Indonesia pernah belajar dari Afrika Selatan tentang resep Nelson Mandela membangun negaranya," sambungnya.

Mahfud menyampaikan, Mandela membangun negaranya yakni Afrika Selatan dengan resep rekonsiliasi nasional dengan memaafkan masa lalu. "Belajar dari Mandela Indonesia pernah mempunyai UU tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Nasional. Meskipun UU itu akhirnya dibatalkan oleh MK, tapi kita mencatat sebagai bangsa kita sudah pernah belajar kebijakan memimpin dari seorang Nelson Mandela," tuntasnya.

Nelson Mandela meninggal di usia 95
Nelson Mandela Meninggal
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1008 seconds (0.1#10.140)