KPU targetkan partisipasi pemilih sebanyak 75%

Jum'at, 06 Desember 2013 - 14:53 WIB
KPU targetkan partisipasi...
KPU targetkan partisipasi pemilih sebanyak 75%
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menargetkan suara pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang sebesar empat persen. KPU mengakui, jumlah tersebut sudah cukup baik dari target secara keseluruhan yakni 75 persen.

Pada pemilu tahun 2009, partisipasi suara pemilih diduga mencapai 71 persen. Kini, oleh KPU angka tersebut dinaikkan menjadi 75 persen. Artinya, angka peningkatan hanya mencapai empat persen.

"Pemilu kemarin 2009 itu partisipasi pemilihnya 71 persen, dan pemilu besok kita targetkan 75 persen. Ya minimal lah harus sampai itu cukup baik," kata Komisioner KPU Arief Budiman, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2013).

Menurut Arief, untuk mencapai jumlah 75 persen, KPU telah menyasar pemilih dari semua kalangan. Kata Arief, untuk menjangkau jumlah tersebut, KPU mulai menyasar usia produktif yakni diatas 17 tahun, terlebih kaum akademisi.

"Sudah kita masuk ke kampus, kalangan petani, kaum disabilitas, bahkan kelompok masarakat-masyarakat marjinal dengan seminar dan membagikan alat sosialisasi tahapan berbentuk tas dan kaos di antaranya," ujar Arief.

Oleh karena itu, lanjut Arief, langkah yang ditempuh KPU adalah dengan meningkatkan sosialisasi dan kampanye pemilu. Sebab, hal itu menurutnya mampu menekan angka golongan putih (golput) setiap periode pemilu.

"Ya golput memang selalu ada, itu karena mereka masyarakat kecewa terhadap peserta pemilu, bukan penyelenggara pemilu. Maka kita sosilasisasi pemilu ke semua sekmen kelompok masyarakat tadi itu," tutup Arief.

81 persen masyarakat tak kenal caleg parpol
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4841 seconds (0.1#10.140)