Dianggap cacat, KPU keukeuh tetapkan DPT besok

Selasa, 03 Desember 2013 - 11:04 WIB
Dianggap cacat, KPU...
Dianggap cacat, KPU keukeuh tetapkan DPT besok
A A A
Sindonews.com - Banyak pihak menilai perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih "cacat". Akan tetapi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap bakal menetapkan kembali DPT tersebut pada 4 Desember besok.

KPU mengaku optimis saat rekapitulasi ulang secara nasional besok, hasil perbaikan dan sisa perbaikan 10,4 juta DPT bermasalah bisa diselesaikan.

"Kami sudah berusaha keras, dan kita tetapkan saja (DPT) itu ," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Menurut Hadar, KPU terus melakukan perbaikan sisa DPT bermasalah di tingkat kabupaten/kota. Angka dari sisa yang belum diperbaiki, menurutnya, jumlah tersebut terus bergerak.

Sehingga, pihaknya merasa optimis DPT bisa diterima masyarakat termasuk yang berkepentingan seperti partai politik. "Nanti masih ada tersisa belum diperbaiki. Bisa saja kan, nanti kita perbaiki saja lagi," ujarnya.

Saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI kemarin, KPU mengaku telah perbaiki DPT bermasalah sebanyak 7,1 juta dari 10,4 juta pemilih bermasalah.

Dalam RDP tersebut, Komisi II merekomendasi kepada KPU dan Departemen Dalam Negeri terutama Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk terus berkoordinasi di tingkat daerah. Jika benar telah membersihkan DPT sebanyak 7,1 juta, maka masih tersisa 3,3 pemilih bermasalah yang harus diperbaiki KPU.

Baca berita:
Komisi II minta KPU tunda penetapan DPT
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8131 seconds (0.1#10.140)