Irjen Kemensos akan sisir anggaran Kemensos

Rabu, 27 November 2013 - 03:42 WIB
Irjen Kemensos akan sisir anggaran Kemensos
Irjen Kemensos akan sisir anggaran Kemensos
A A A
Sindonews.com - Inspektur Jenderal (Irjen) Kemensos Karun mengatakan, dalam menyikapi hasil audit BPK, pemerintah melakukan penyisiran anggaran yang tidak optimal dalam suatu program.

Nantinya program tersebut, akan diahlikan pada program yang optimal. Dalam satu program yang dijalankan oleh salah satu dirjen, maka akan dikurangi kegiatan dipusat dan dialihkan ke daerah.

"Titik kritis di daerah terkait penggunaan anggaran, adalah pada buffer stock. Itu menjadi incaran pusat," kata dia saat ditemui dalam Finalisasi Penyusunan Penyelenggaraan Program, dan Anggaran Kemensos 2014 di Jakarta, Selasa, 26 November 2013.

Menurut dia, saat ini dibutuhkan perbaikan sistem IT, namun penggunaan IT saat ini belum berjalan. Untuk itu Sekarang, penguatan kapasitas sarana prasaran dan Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam hal ini peningkatan SDM bisa dilakukan dari kapasitas atau perhatian atau pengerahan tenaga untuk perbaikan gudang.

"Diperlukan kontribusi pemerintah daerah karena buffer stock juga ada hingga di kabupaten," ujarnya.

Dia mengatakan, terdapat daerah yang kurang memperhatikan dana dekon. Namun juga ditemukan daerah yang perlu terhadap dana dekon sehingga hal tersebut dimasukan dalam APBD. Sehingga dana bantuan sosial cukup dialihkan dengan baik.

"Daerah memberikan perhatian khusus melalu anggaran daerahnya, dan realisasinya dana tersebut di alokasikan dengan baik," tegasnya.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5527 seconds (0.1#10.140)