UI bangun rumah baca lewat GUIM

Sabtu, 23 November 2013 - 17:38 WIB
UI bangun rumah baca lewat GUIM
UI bangun rumah baca lewat GUIM
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 36 mahasiswa Universitas Indonesia (UI), bakal berangkat menuju desa-desa terpencil di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melalui program Gerakan Universitas Indonesia mengajar (GUIM).

Rencananya mereka akan berangkat mulai 9 Januari 2014, dan mengajar hingga 3 Februari 2014 mendatang.

Gerakan yang digagas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI ini, nantinya akan memberikan hasil akhir berupa rumah baca yang bakal bermanfaat bagi anak-anak di sana.

Sasarannya, para mahasiswa ini mengajar siswa-siswa yang duduk, di bangu Sekolah Dasar (SD).

"Ini kan sudah tahun ketiga, tahun kemarin kami ke Pandeglang. Dampaknya sangat signifikan. Antusias mahasiswa yang mendaftar mengalami peningkatan, dari kualitas pendidikan juga. Dari respons yang kami lihat sangat positif. Kami yakin, program ini akan makin besar," tegas Wakil Ketua BEM UI Azhar Nurun Ala, Sabtu (23/11/2013).

Azhar menilai, dengan mengajar di daerah terpencil, mahasiswa juga akan banyak mendapatkan modal, sebagai bekal soft skills masuk ke dunia kerja.

Ia mengakui, kendala yang masih sering dihadapi lebih kepada hal-hal teknis. Seperti infrastruktur dan akses jalan menuju lokasi yang kurang memadai, serta kesulitan bahasa terhadap masyarakat sekitar.

"Target kami agar desa itu menjadi model memiliki rumah belajar, atau rumah baca dan menjadi desa mandiri. Menanamkan mimpi di anak-anak yang mempunyai cita-cita," kata Azhar.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7098 seconds (0.1#10.140)