Kemendikbud mulai evaluasi kurikulum baru

Jum'at, 22 November 2013 - 17:59 WIB
Kemendikbud mulai evaluasi kurikulum baru
Kemendikbud mulai evaluasi kurikulum baru
A A A
Sindonews.com - Pemerintah akan melakukan evaluasi atas kurikulum baru. Evaluasi diarahkan pada persiapan guru dan buku.

Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengatakan, evaluasi kurikulum terutama menyangkut kesulitan apa yang dihadapi guru.

Selain itu, masalah kesesuaian buku di lapangan apakah ada hal yang tidak dimengerti guru dan siswa. Apakah kurikulum terkendala kapasitas guru, buku yang kurang jelas atau fasilitas pendukung pembelajaran yang kurang.

“Kami ingin mengevaluasi dan memonitoring hambatan yang terjadi dalam implementasi kurikulum sekarang,” katanya usai Penganugrahan Piala Apresiasi Sastra SD 2013 di Gedung Kemendikbud, Jumat (22/11/2013).

Hamid menjelaskan, monitoring diperlukan untuk mengetahui proses pembelajaran di jenjang SD. Dia mengakui, perubahan kurikulum yang paling komprehensif memang di SD yang memakai sistem tematik integrative.

Di jenjang SD, jelasnya, siswa dieksplorasi untuk bertanya secara saintifik. Oleh karena itu diperlukan informasi apakah system tematik integrative ini terkendala atau tidak. Dia menjelaskan, untuk jenjang SD buku kurikulum dibagi per semester.

"Setelah semester satu berakhir kemarin, jelasnya, maka pada 25 November nanti buku untuk semester kedua akan diserahkan ke sekolah. Untuk buku SD kelas 1 hingga 3, menjadi milik siswa, karena siswa menjawab langsung soal di buku tersebut. Sementara buku kelas 4 hingga 6 menjadi inventaris sekolah," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7991 seconds (0.1#10.140)