SBY lengser, Xanana yakin demokrasi kawasan lebih baik

Kamis, 07 November 2013 - 17:30 WIB
SBY lengser, Xanana yakin demokrasi kawasan lebih baik
SBY lengser, Xanana yakin demokrasi kawasan lebih baik
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao memuji peran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam memajukan demokrasi di kawasan.

Saat menyampaikan sambutan di Bali Democracy Forum (BDF) ke-6 di Nusa Dua, Bali, Xanana menuji SBY sebagai sosok yang berjasa dalam memajukan demokrasi di kawasan ini.

Presiden SBY, sambung Xanana, justru bisa berperan lebih aktif dalam kemajuan demokrasi di kawasan ini saat sudah tidak menjadi presiden.

Artinya, saat Presiden SBY sudah tidak lagi menjabat presiden, kata Xanana, mungkin negara- negara kawasan Asia akan lebih maju dalam bidang demokrasi.

"Presiden SBY adalah bagian penting dari BDF terutama bagi hubungan bilateral antara Timor Leste dengan Indonesia," sebutnya.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap GDF maka dirinya selalu hadir selama enam tahun berturut-turut guna memberi pandangan di forum tahunan itu.

Di pihak lain, Xanana justru mengecam negara-negara Eropa dan Amerika yang dinilai kawasan yang sudah maju dalam demokrasi namun justru tidak mencerminkan kemajuan demokrasi.

Dia mencontohkan, dalam kaus penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat dan Australia. Apa yang dilakukan kedua negara itu sudah bergeser dari nilai-nilai demokrasi. "Mereka menggunakan sarana komunikasi dengan salah," cetusnya.

Untuk itu, Xanana yang berpidato dengan teks cukup panjang iru mengajak negara-negara di Asia Pasifik yang tergabung dalam BDF untuk membangun politik global yang santun.

"ASEAN harus bisa mencipatakan politik global yang santun ini. Negara harus melindungi hak minoritas, memperkuat stabilitas ekonomi, politik di kawasan Asean," imbuhnya.

SBY ajak dunia wujudkan demokrasi
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7814 seconds (0.1#10.140)