Dugaan korupsi tender kilang gas dilaporkan ke KPK

Rabu, 06 November 2013 - 16:54 WIB
Dugaan korupsi tender kilang gas dilaporkan ke KPK
Dugaan korupsi tender kilang gas dilaporkan ke KPK
A A A
Sindonews.com - Presiden Suara Independent Rakyat Indonesia (Siri), Eggi Sudjana mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dia datang ke KPK untuk melaporkan dugaan korupsi penyimpangan proses tender dan pelaksanan proyek pembangunan kilang gas cair Donggi-Senoro, di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Kami minta KPK dengan kesungguhannya menangani kasus ini sesegera mungkin, karena dengan kasus ini saja telah merugikan negara sekira 1.584 miliar US dolar," kata Eggi di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2013).

Eggi menjelaskan, proyek tersebut terhitung cukup mahal, diduga kuat sudah di mark up. Ketika proyek itu berlangsung Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas cukup berperan aktif. "Ketika itu kepala BP Migasnya Raden Priono," imbuhnya.

Mengenakan seragam khas berwarna putih kombinasi hijau muda, Eggi datang ke KPK ditemani oleh sejumlah koleganya. Dia terlihat membawa berkas yang akan diserahkan ke KPK.

Lebih jauh Eggi menjelaskan, proyek Donggi Senoro di peruntukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, bahkan sudah mengirim surat kepada Menteri Ekonomi Sumber Daya Mineral (ESDM) saat itu, yakni Purnomo Yusgiantoro dan Direktur Utama Pertamina Arie Soemarno tertanggal 7 Juli 2009.

Namun, dalam pelaksanaannya tidak memenuhi prosedur yang memadai. "Sangat merugikan negara, sehingga Menteri ESDM dan Dirut Pertamina saat itu harus bertanggung jawab," tukasnya.

Berita terkait:
Kementerian ESDM tak tahu soal tender di SKK Migas.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6631 seconds (0.1#10.140)