CAT, sistem online untuk ujian CPNS

Rabu, 06 November 2013 - 01:04 WIB
CAT, sistem online untuk ujian CPNS
CAT, sistem online untuk ujian CPNS
A A A
Sindonews.com - Pemerintah menetapkan tahun depan pemerintah tidak akan mengadakan ujian tulis calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tes akan dilakukan dengan sistem komputerisasi online.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Sesmen PANRB) Tasdik Kinanto mengatakan, lain halnya kalau tes dengan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Dia menjelaskan, pemerintah mesti membuat soal dulu, menyiapkan LJK, mengolah, mengawasi dan juga pengamanan distribusi. Sementara jika dengan Computer Assisted Test (CAT), peserta datang, duduk di bangku yang tersedia, soal sudah ada dan langsung dikerjakan.

Menurutnya, yang penting pemerintah wajib menyiapkan bank soal yang variannya semakin banyak. “Mudah-mudahan tahun depan sudah semakin banyak yang menggunakan CAT,” katanya berdasar rilis yang diterima KORAN SINDO, Selasa 5 November 2013.

Tasdik menjelaskan, tahun ini tercatat ada sekira 70 instansi pemerintah yang menggunakan CAT. Lalu 2014 nanti diupayakan semakin banyak yang memakai CAT, untuk mendukung program tersebut.

"Setiap kantor regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menyiapkan 100 CAT. Sementara saat ini, BKN baru memiliki 740 unit CAT. Dari jumlah itu, 600 unit di antaranya tersebar di 12 kantor regional," ucapnya.

Berita terkait:
Tahun depan ujian CPNS dengan sistem online.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6016 seconds (0.1#10.140)