Harapan Kompolnas atas hadirnya CPW

Senin, 04 November 2013 - 20:25 WIB
Harapan Kompolnas atas hadirnya CPW
Harapan Kompolnas atas hadirnya CPW
A A A
Sindonews.com – Hadirnya Catur Prasetya Watch (CPW) diharapkan bisa mengontrol dan memberikan masukan bermanfaat untuk kemandirian Polri secara independen. Bahkan, diharapkan juga mampu menjembatani polisi dengan masyarakat.

Komisisoner Kompolnas Edi Sahputra Hasibuan, mengatakan, CPW juga harus menjadi lembaga kajian publik yang memantau sekaligus memberikan kontribusi positif kepada Polri.

"Kita ingin CPW dapat memberikan sumbangsihnya demi kemajuan Polri,” kata Edi ketika menerima audinesi pengurus dan dewan penasihat CPW di kantor Kompolnas, Jakarta, Senin, (4/11/2013).

Edi mencontohkan, di Sumatera Utara (Sumut) yang beberapa kabupatennya belum memiliki polres diharap bisa diperjuangkan bersama. Apalagi CPW telah menyatakan diri siap menjalin hubungan baik dan bermitra dengan Polri.

Dia menambahkan, untuk mendukung efektifitas kinerja Polda di Indonesia perlu dukungan dan pengawalan agar pengaduan warga bisa diproses. Utamanya adalah bagaimana upaya meningkatkan kinerja aparat Polri diharapkan ada sarana dan fasilitas yang memadai.

“Kalau Polri kita ingin lebih profesional tentu butuh sarana dan fasilitas yang cukup. Untuk mewujudkan itu, kita harus bersama-sama memperjuangkan bagaimana anggaran untuk polisi bisa ditingkatkan,” tambahnya.

Disampaikan, sejak Januari hingga November 2013 terdapat 600 pengaduan masyarakat yang masuk ke Kompolnas. Dari pengaduan itu, sebanyak 90 persen merupakan pengaduan tentang penanganan kasus, baik menyangkut ketidakprofesional penyidik maupun ketidakpuasan masyarkat terhadap penangan kasus.

“Peran CPW diharapkan dapat membantu baik kepolisian dan masyarakat agar mendapat kepastian hukum,” jelasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7139 seconds (0.1#10.140)