Cari Kabareskrim dengan fit and proper test

Minggu, 03 November 2013 - 13:38 WIB
Cari Kabareskrim dengan fit and proper test
Cari Kabareskrim dengan fit and proper test
A A A
Sindonews.com - Untuk menghindari tarik-menarik yang tajam antara elit Polri, sudah saatnya pencarian Kabareskrim dilakukan uji kelayakan. Sehingga Polri bisa mendapatkan orang yang amanah untuk menjalankan jabatan tersebut.

"Sudah saatnya mencari Kabareskrim dengan fit and proper test untuk mencari Kabareskrim yang mumpuni dan profesional," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane dalam siaran persnya yang diterima wartawan di Jakarta, Minggu (3/11/2013).

Neta melanjutkan, bagi calon-calon yang dinilai mumpuni untuk memegang jabatan itu harus melalui cara fit and profer test. Karena, kata dia, penunjukan Kabareskrim harus secara terbuka.

"Artinya, dalam mencari calon Kabareskrim, Dewan Kebijakan Tinggi (Wanjakti) bisa menjaring sejumlah nama untuk diseleksi. Lalu beberapa nama dilakukan fit and proper test oleh Tim Penilai Akhir (TPA), yang terdiri dari anggota Wanjakti dan Kapolri," pungkasnya.

Hal itu, kata dia, untuk menghilangkan paradigma penunjukan Kabareskrim itu berdasarkan suka atau tidak suka Kapolri.

"Sehingga penunjukan Kabareskrim tak lagi atas dasar suka atau tidak suka pimpinan Polri, melainkan berdasarkan kemampuan kerja dan profesionalitas," tutupnya.

Baca berita terkait:
IPW curigai ada pertarungan sengit di internal Polri
Posisi Kabareskrim memungkinkan untuk dilelang
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4246 seconds (0.1#10.140)