Demokrat & kasus Hambalang

Selasa, 22 Oktober 2013 - 10:07 WIB
Demokrat & kasus Hambalang
Demokrat & kasus Hambalang
A A A
Sindonews.com - Mencuatnya kasus dugaan korupsi proyek sport center Hambalang, Bogor, Jawa Barat, membuat sejumlah elite Partai Demokrat tersandung kasus dengan proyek senilai Rp2,5 triliun tersebut.

Mulai dari mantan Bendahara Umum (Bendum) Partai Demokrat M Nazaruddin, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga yang juga politikus Demokrat Andi Alifian Mallarangeng, hingga mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, serta mantan anggota DPR dari Fraksi Demokrat, Angelina Sondakh (Angie) yang kini tengah meringkuk di balik jeruji besi.

Dalam perjalanannya, kasus ini tak hanya menyeret nama-nama di atas yang telah mengemuka. Elite Demokrat lainnya juga tersangkut dalam kasus tersebut, meski baru sebatas saksi. Sebut saja Ketua DPR Marzuki Alie, anggota DPR dari Fraksi Demokrat Saan Mustopa, sampai mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Cilacap, Tridianto.

Bahkan, pada Kamis, 17 Oktober 2013, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja menahan Andi Mallarangeng. "Saya memulai penahanan kepada KPK, sesuai dengan ketentuan KPK. Saya terima ini sebagai sebuah proses untuk mempercepat penuntasan kasus ini," kata Andi di Gedung KPK, Jakarta.

Andi diduga melanggar Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Andi diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang yang menguntungkan diri sendiri atau pihak lain namun justru merugikan keuangan negara.

Baca berita terkait:
Anas siap ditahan KPK
Penahanan Andi Alifian Mallarangeng terkait kasus proyek di Hambalang.
Marzuki siap penuhi panggilan KPK soal Hambalang.
KPK periksa mantan Bendum Demokrat
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4956 seconds (0.1#10.140)