Pemerintah ajak tingkatkan deteksi dini kanker

Senin, 21 Oktober 2013 - 20:35 WIB
Pemerintah ajak tingkatkan deteksi dini kanker
Pemerintah ajak tingkatkan deteksi dini kanker
A A A
Sindonews.com - Setiap perempuan harus dapat mengetahui cara deteksi dini kanker khususnya kanker payudara. Hal ini dilakukan karena dapat menekan stadium kanker yang menyebabkan kematian.

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP dan PA) Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan, sosialisasi merupakan cara terpenting guna para perempuan di Indonesia mendapatkan cara deteksi dini. Hal ini merupakan cara meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Hal ini dapat dilakukan dengan kerja sama antar stakeholder baik pemerintah pusat, pemda dan swasta serta yayasan yang bergerak dalam penanganan deteksi kanker.

"Kita harus konsisten, sosialisasi harus terus dilakukan untuk periksa payudara sendiri (Sadari)," tandasnya saat ditemui di Jakarta, Senin (21/10/2013).

Menurut dia, Sadari sangat membantu perempuan untuk melakukan deteksi dini secara sendiri. Nantinya, jika ditemui sesuatu seperti benjolan hal tersebut dapat langsung diperiksa oleh tenaga medis. Setelah itu baru dapat dilakukan pertolongan pengobatan alternatif.

"Tapi yang terpenting dulu adalah pertolongan tenaga medis. Maka masyarakat janganlah takut untuk memeriksakan kesehatannya," kata dia.

Menurut Linda, saat ini kebanyakan penderita kanker adalah anak-anak berumur 20 tahunan. Hal ini dikarenakan seperti pola makan dan hidup yang kurang sehat.

Untuk itu, diperlukan pendidikan sejak dini untuk dapat meningkatkan tingkat kesadaran akan kesehatan menjadi hal yang penting. "Kebiasan merokok atau dia menjadi perokok pasif dan mengalami stres berat menjadi penyebab utamanya," tegasnya.

Baca berita:
STBM cegah tertular penyakit
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3830 seconds (0.1#10.140)