Rektor: Tak ada bank yang mau jadi partner

Senin, 21 Oktober 2013 - 15:53 WIB
Rektor: Tak ada bank...
Rektor: Tak ada bank yang mau jadi partner
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang merancang kredit tanpa bunga bagi mahasiswa. Bagaimana para rektor menindaklanjuti wacana tersebut?

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Bedjo Sujanto menyatakan, meski undang-undangnya sudah disahkan 10 Agustus tahun lalu, namun pihaknya belum memberikan pinjaman tanpa bunga ke mahasiswanya. Masalahnya ialah tidak ada bank yang mau menjadi partner pemberian pinjaman tersebut.

“Memang belum ada bank yang mau bekerja sama dengan kami sampai saat ini,” terangnya usai Penyerahan Beasiswa Tanoto Foundation bagi 230 Mahasiswa di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Bedjo menjelaskan, faktanya memang tidak ada perbankan yang mau meminjamkan uang tanpa bunga. Di samping itu, jelasnya, kebijakan pinjaman tanpa bunga bagi mahasiswa yang dibuat Kemendikbud juga belum ada. Padahal, program ini memerlukan peraturan menteri atau keputusan dirjen dikti untuk melaksanakannya.

Rektor ITB Ahkhmaloka juga menyampaikan hal senada. Dia menyatakan, tidak ada bank yang membicarakan hal tersebut dengan pihaknya.

Akhmaloka beranggapan, bank pun akan berpikir seribu kali kalau harus memberikan pinjaman tanpa bunga. Namun keadaan akan berbeda apabila perbankan diberikan insentif oleh pemerintah jika mau mengucurkan dana segar tersebut kepada mahasiswa.

Baca berita:
230 mahasiswa raih beasiswa Tanoto Foundation
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0675 seconds (0.1#10.140)