Kemendikbud berikan apresiasi film Indonesia

Kamis, 17 Oktober 2013 - 14:34 WIB
Kemendikbud berikan apresiasi film Indonesia
Kemendikbud berikan apresiasi film Indonesia
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) untuk kedua kalinya menyelenggarakan Apresiasi Film Indonesia (AFI).

Dalam apresiasi tersebut, berbagai penghargaan terhadap karya film berserta seluruh aspeknya akan diberikan dengan mengacu kepada nilai-nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa.

"Industri film kita sudah berkembang seiring dengan meningkatknya tuntutan terhadap kualitas dan kuantitas Kemendikbud jelas mendorong film-film serupa ini, terutama yang berkarakter Indonesia," kata Direktur Jenderal Kebudayaan, Kacung Marijan di Kemendikbud, Jakarta Selatan (17/10/2013).

Kacung pun berharap, ke depannya film di Indonesia tidak lagi hanya menjadi tontonan untuk masyarakat, namun dapat menjadi tuntunan. "Agar ke depannya, film tidak hanya menjadi tontonan tapi juga tuntunan," ucapnya.

Beberapa kategori film yang merupakan kategori di Ajang Festival Film Indonesia, di antaranya, kategori utama, apresiasi film bioskop, apresiasi film independen (cerita panjang nonbioskop), apresiasi film dokumenter, apresiasi film animasi, apresiasi film pendek, apresiasi film anak, dan apresiasi film pilihan pemirsa (metode jejak pendapat).

"Kedua kategori monumental, apresiasi film Adi-Karya, apresiasi film Adi-Insani. Ketiga kategori khusus, apresiasi sutradara perdana, apresiasi festival film, apresiasi poster film, apresiasi komunitas, apresiasi media cetak, apresiasi media non cetak,apresiasi film independen kategori pelajar, apresiasi film independen kategori mahasiswa dan apresiasi lembaga pemdidikan," pungkasnya.

Baca berita terkait, AFI 2013 angin segar perfilman Indonesia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4136 seconds (0.1#10.140)