Sutarman janji tak terima suap

Rabu, 09 Oktober 2013 - 14:45 WIB
Sutarman janji tak terima suap
Sutarman janji tak terima suap
A A A
Sindonews.com - Calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Komjen Pol Sutarman mengaku siap tidak terima pemberian apapun atau suap, ketika nanti menjabat sebagai Kapolri.

Pernyataan tersebut terlontar saat Sutarman ditanya oleh anggota Komisi III DPR saat rombongan berkunjung ke rumahnya.

"Di meja kerja saya yang sekarang itu sudah ada tulisan tak terima dalam bentuk apapun. Sekalipun itu datang ke rumah atau diterima istri saya, itu pun secara tegas kami tegaskan tak boleh menerima," kata Sutarman di rumahnya, Jalan Kucica 10, Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2013).

Bahkan jauh sebelum undang-undang tindak pidana korupsi diberlakukan, Sutarman mengaku tak pernah menerima pemberian. Contohnya saja saat anak pertamanya menikah, banyak undangan yang hadir membawakan cendera mata atau hadiah lainnya, Sutarman mengaku melaporkan hal tersebut ke KPK.

"Saya foto, catat, dan laporkan ke KPK. Saya khawatir ini bentuk gratifikasi," ujar Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri itu.

Diakuinya, sikapnya itu juga berlaku untuk seluruh kepolisian dan penegak hukum di Indonesia. Sutarman pun mengaku siap untuk tidak korupsi. "Itu harus. Kita harus merubah mindset, mulai dari diri sendiri, keluarga, dan kemudian sekitar," tegasnya.

Sementara di lain pihak, Ketua Komisi III DPR Pieter C Zulkifli Simabuea mengatakan, seluruh jawaban yang diutarakan Sutarman dan keluarga sangatlah normatif. "Masih harus didalami kembali oleh kami," katanya.

Menurutnya, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangkaian tes kelayakan seorang calon nomor satu di Polri. Untuk kemudian saat tanggal 17 Oktober nanti, Komisi III DPR RI akan melakukan uji kelayakan.

"Di sana seluruh anggota komisi akan menggali lebih dalam lagi, apakah pantas Sutarman menduduki Kapolri yang baru. Kemudian tanggal 17 Oktober malamnya, baru kami mengambil keputusan," ujarnya.

Baca juga berita terkait, berbaju batik, Sutarman sambut rombongan Komisi III DPR.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1935 seconds (0.1#10.140)