Gejala kanker mulut rahim

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 09:59 WIB
Gejala kanker mulut rahim
Gejala kanker mulut rahim
A A A
Sindonews.com - Dokter dari female cancer, program dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Laila Nuranna mengatakan, gejala kanker serviks hanya terasa saat kanker memasuki stadium lanjut atau 2B.

Perlu diketahui, kanker serviks lebih dikenal dengan kanker mulut rahim, merupakan salah satu penyakit kanker yang paling ditakuti kaum hawa atau wanita.

Menurutnya, gejala kanker tersebut antara lain adalah keputihan yang berbau dan bercampur darah, pendarahan di luar masa haid, pendarahan saat senggama dan nyeri melingkar di pinggul.

Dalam hal pencegahan ada dua cara yaitu primer dan sekunder. Pencegahan primer dilakukan melalui penyuluhan, edukasi serta vaksinasi atau imunisasi. "Vaksinasi HPV dapat dilakukan namun harganya masih terbilang mahal berkisar mulai Rp600 ribu hingga Rp1 juta," jelas Laila, di Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (3/10/2013).

Untuk diketahui, Human Papilloma Virus (HPV) adalah penyebab dari kanker serviks. Sedangkan dampak paling parah dari penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada kaum wanita dan itu jenis virus HPV tipe 16 dan 18.

Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan toilet umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

Kemudian kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8059 seconds (0.1#10.140)