Modus kriminal, pencuri gunakan seragam petugas haji

Sabtu, 28 September 2013 - 01:00 WIB
Modus kriminal, pencuri...
Modus kriminal, pencuri gunakan seragam petugas haji
A A A
Sindonews.com - Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu mengatakan, saat ini masih terjadi kriminalisasi kepada jemaah haji. Namun, dalam sisi jumlah tingkat kriminal yang dialami jemaah haji masih rendah dibandingkan dengan tahun lalu.

Anggito mengatakan, saat ini modus kriminal pada jemaah haji lebih profesional. Dengan menggunakan seragam petugas haji Indonesia yang berwarna biru dan kadang menggunakan seragam jemaah.

“Ini benar, Mereka berkedok agar dapat bisa masuk ke dalam pemondokan jemaah. Itu modus mereka sekarang,” kata Anggito, di Jakarta, Jumat, 27 September 2013.

Namun, sampai saat ini pemerintah belum dapat memberikan kesimpulan bahwa yang masuk ke pemondokan ialah orang Indonesia. “Saya tidak dapat mengatakan seperti itu. Yang jelas mereka berkedok menggunakan seragam petugas,” ujar dia.

Untuk itu, lanjut dia, dalam meningkatkan pengawasan maka para petugas haji dari Indonesia diberikan tanda baru sebagai indentifikasi. Hal ini dilakukan guna para jemaah dapat saling mengenali.

“Jadi sesama petugas mereka saling mengatahui, minimal petugas pemondokan dapat mengecek bahwa petugas tersebut benar atau tidak,” papar dia.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)