Kesadaran dosen akan akreditasi belum maksimal

Kamis, 26 September 2013 - 21:58 WIB
Kesadaran dosen akan akreditasi belum maksimal
Kesadaran dosen akan akreditasi belum maksimal
A A A
Sindonews.com - Akreditasi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) sudah menjadi seperti nyawa. Sayangnya, masih ada dosen, terutama PTN yang belum sadar pentingnya akreditasi tersebut.

"Mereka masih memakai pola pikir lama yaitu, kerja tidak kerja, rajin tidak rajin tetap dibayar. Mereka belum sadar bahwa akreditasi sangat penting bagi para lulusan dan keberlanjutan prodi (program studi)," kata Ketua Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Hari Sutrisno, Kamis (26/9/2013).

Sebelumnya, batas waktu bagi tiap prodi di PTS untuk mengajukan reakreditasi semakin dekat. Untuk mendorong reakreditasi, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) melakukan pelatihan sebagai wujud pembinaan.

"Kami sendiri sudah melakukan pelatihan terkait akreditasi ini pada seluruh PTS di Indonesia. Memang akreditasi itu merupakan sesuatu yang sudah melekat pada PTS. Akreditasi menjadi suatu keniscayaan dan wujud pertanggungjawaban PTS pada publik. Jadi harusnya sebelum habis waktu berlakunya, pengajuan reakreditasi sudah harus dilakukan," kata Ketua Aptisi Pusat Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Selasa 13 Agustus 2013.

Diakui Edy, hingga saat ini masih banyak PTS yang belum paham mengenai akreditasi, sehingga masih kurang upaya untuk mendapatkan nilai baik. Pelatihan mengenai akreditasi oleh Aptisi sendiri di Batam beberapa waktu lalu. "Padahal, kalau tidak terakreditasi jelas tidak diakui," imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7846 seconds (0.1#10.140)