Usai melahirkan, ibu wajib jaga kesehatan

Kamis, 26 September 2013 - 19:03 WIB
Usai melahirkan, ibu wajib jaga kesehatan
Usai melahirkan, ibu wajib jaga kesehatan
A A A
Sindonews.com - Ketua Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Hastoro Pintadi mengatakan, usai melahirkan, ibu wajib menjaga kesehatan rongga mulut bayi dengan rajin membersihkannya.

Menurutnya, pembersihan bisa dilakukan menggunakan kapas dan air hangat. "Caranya dengan mengusap gusi maupun rongga mulut bayi. Susu sekalipun itu ASI (Air Susu Ibu), mampu mengundang bakteri jika tidak dibersihkan," kata Hastoro, di UMY, Yogyakarta, Kamis (26/9/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, tak hanya sebagai upaya menjaga kesehatan gigi, cara mengusap gusi dan rongga mulut pada bayi sekaligus mengajarkan dan membiasakan mulut bayi dimasukkin benda asing selain makanan.

Untuk itu, secara bertahap, kapas pun bisa diganti dengan kain kasa maupun sikat gigi halus sesuai usia bayi. "Dengan begitu nantinya anak akan terbiasa membersihkan gigi karena sudah terbiasa sejak kecil," pungkasnya.

Berdasarkan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, yang dilakukan Badan Kepala Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), rata-rata angka kematian ibu (AKI) tercatat mencapai 359 per 100 ribu kelahiran hidup.

Rata-rata kematian ini jauh melonjak dibanding hasil SDKI 2007 yang mencapai 228 per 100 ribu.
Dalam hal ini, fakta lonjaknya kematian ini tentu sangat memalukan pemerintahan yang sebelumnya bertekad akan menurunkan AKI hingga 108 per 100 ribu pada 2015 sesuai dengan target Millennium Development Goals (MDGs).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3243 seconds (0.1#10.140)