Pelaksanaan tes seleksi CPNS dibagi 2 metode

Rabu, 25 September 2013 - 03:02 WIB
Pelaksanaan tes seleksi CPNS dibagi 2 metode
Pelaksanaan tes seleksi CPNS dibagi 2 metode
A A A
Sindonews.com - Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan, pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibagi dalam dua metode.

Dua metode tersebut yaitu, sistem yang menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) dan sistem Computer Assested Test (CAT).

Setiawan menjelaskan, bagi yang melaksanakan sistem CAT, tes CPNS akan dimulai pada 29 September 2013. Dia mengungkapkan, ada 19 kementerian dan lembaga yang telah mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS 2013 dengan sistem CAT.

"Tes CPNS melalui sistem LJK baik dari kategori dua maupun pelamar umum direncanakan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 3 November 2013," katanya kepada wartawan di Gedung Kemen PANRB, di Jakarta, Selasa 24 September 2013.

Dia merincikan, jadwal penetapan persetujuan rincian formasi instansi sudah berlangsung sejak 20-30 Agustus. Sementara pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS dimulai sejak 1-20 September. Pelaksanaan ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) yakni 29 September-November.

“Sementara pengolahan naskah soal berlangsung sejak 3 November hingga 13 Desember. Dan terakhir penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai) pada minggu kedua Desember,” terangnya.

Sementara Deputi Penyandian dan Pengamanan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Sahrul Mubarak menjelaskan, semua naskah soal sudah dibagikan ke seluruh instansi yang membuka pendaftaran. Naskah disimpan dalam flashdisk yang sudah diamankan dengan sandi tertentu (enkripsi).

"Nanti pada saat pencetakan, personelnya akan turun ke daerah untuk membuka flashdisk yang tersandi khusus tersebut. Dijamin, naskah soal akan aman dari kebocoran karena sandi itu sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak mudah dibajak," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6394 seconds (0.1#10.140)