Di 2014, Kemensos siapkan rencana strategis

Rabu, 18 September 2013 - 17:47 WIB
Di 2014, Kemensos siapkan rencana strategis
Di 2014, Kemensos siapkan rencana strategis
A A A
Sindonews.com - Sekjen Kementerian Sosial (Kemensos) Toto Utomo Budi Santoso mengatakan, saat ini Kemensos sedang melakukan penyusunan anggaran sebagai pagu indikatif sebesar Rp7,6 triliun yang mayoritasnya akan digunakan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp5,2 triliun.

Nantinya, pagu ini akan dibicarakan dengan masing-masing program yang ada di Kemensos beserta para pemerintah daerah (pemda). "Kita akan bicarakan isu strategis di 2014 guna membangun kesejahteraan rakyat," kata Toto saat ditemui dalam acara musyawarah perencanaan pembangunan kesejahteraan sosial di Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Tahun lalu, lanjut Toto, penyerapan Kemensos sebesar 70 persen. Namun, serapan bukanlah satu-satunya ukuran untuk keberhasilan program di Kementerian.

"Serapan itu ada polanya. Ada kegiatan di Januari untuk reses. Sedangkan kegiatan yang baru dipersiapkan Oktober baru dapat diberdayakan, dipersiapkan dan baru dapat dicairkan. Selain itu ada juga bantuan untuk bencana yang tidak terduga," papar dia.

Menurut dia, jika serapan dijadikan target maka jika belum mencapai target maka hal tersebut tidak dijadikan ukuran. Terkait dana sosial, banyak yang memikirkan bahwa dana sosial hanya terdapat di Kemensos. Padahal semua kementerian mempunya dansos yang digunakan untuk masing-masing kementerian guna berbelanja sosial.

"Dansos Kemensos tidak sebanyak yang dipikirkan selama ini, dibandingkan Kementerian lain. Dansos Kemensos tidak begitu banyak," ucapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8280 seconds (0.1#10.140)