Fit and proper test calon hakim agung mencurigakan

Rabu, 18 September 2013 - 17:28 WIB
Fit and proper test calon hakim agung mencurigakan
Fit and proper test calon hakim agung mencurigakan
A A A
Sindonews.com - Komisi III DPR RI tengah mengadakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) bagi calon hakim agung. Diduga ada komunikasi tidak wajar antara calon hakim agung dengan salah satu anggota Komisi III DPR.

Kejadian bermula ketika calon hakim agung dari Pengadilan Tinggi (PT) Pontianak, Sudrajad Dimyati memasuki toilet untuk buang air kecil. Di dalam toilet itu dirinya diduga sengaja menunggu anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Bachrudin Nasori.

Ketika calon hakim agung bertemu dengan Bachrudin, secara kebetulan ada seorang pewarta yang melihatnya. Berdasarkan kesaksian seorang pewarta yang tak mau disebutkan namanya itu mengatakan, diduga kedua orang itu langsung bersamaan membuang air kecil di urion atau tempat buang air kecil berdiri di toilet. Pada saat itulah, dikatakan dia, Sudrajad menyerahkan sebuah kertas ke Bahrudin.

Masih berdasarkan kesaksian pewarta, pemberian kertas itu berlangsung cepat. Keduanya pun sempat saling berbisik. Tidak diketahui apa yang dibicarakan. "Saya melihat ada sesuatu yang diberikan dari orang itu ke anggota Komisi III," kata pewarta yang meliput proses uji kepatutan dan kelayakan calon hakim agung, berinisial MM di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2013).

"Awalnya saya kira cuma buang air kecil saja, tapi dia memberikan sesuatu ke anggota itu," sambungnya.

Usai benda itu berpindah tangan, keduanya pun ke luar toilet secara bergantian. Namun, saat dikonfirmasi mengenai pemberian itu, masih dari kesaksian MM, Sudrajad terlihat sedikit panik.
"Tidak ada (lobi khusus), saya ke kamar mandi karena ingin kencing," terang Sudrajad.

Tak hanya Sudrajad, Bahrudin pun membantah telah menerima sebuah kertas dari Sudrajad. "Enggak. Saya cuma nanya ada berapa calon (Hakim Agung) yang perempuan, dan ada berapa calon yang nonkarier," kata Bahrudin saat dikonfirmasi MM.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9747 seconds (0.1#10.140)