Utamakan popularitas, Konvensi Demokrat minus integritas

Selasa, 17 September 2013 - 08:04 WIB
Utamakan popularitas, Konvensi Demokrat minus integritas
Utamakan popularitas, Konvensi Demokrat minus integritas
A A A
Sindonews.com - Komite Konvensi telah mengenalkan secara resmi ke publik 11 peserta konvensi penjaringan calon presiden (Capres) Partai Demokrat. Namun, hal itu dinilai masih jauh dari harapan publik karena mengutamakan popularitas figur.

"Banyak orang melihat pola rekrutmen capres konvensi ini hanya menggunakan parameter popularitas minus integritas calon," ujar Pengamat Politik Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus ketika dihubungi Sindonews, Selasa (17/9/2013).

Menurutnya, integritas itu juga tidak menjadi bahan utama Komite Konvensi dalam menjaring peserta. Seharusnya, kata dia, memaparkan rekam jejak peserta sudah sejak dini dilakukan oleh Komite Konvensi agar masyarakat bisa menentukan pilihannya.

"Seharusnya sekarang ini merupakan waktu bagi Komite Konvensi untuk menggelar track record para peserta, sehingga ketika nama-nama peserta ini disodorkan kepada pemilih, pemilih punya referensi untuk menentukan pilihan," tandasnya.

Ia mengkhawatirkan, jika konvensi hanya mengandalkan pagelaran berbau promosi para calon melalui media akan semakin menambah sikap apatis masyarakat.

"Saya khawatir pemilih tidak akan memilih dengan kesadaran penuh pada waktunya," pungkas Lucius.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6214 seconds (0.1#10.140)