Laboratorium seni budaya dikembangkan

Minggu, 15 September 2013 - 19:19 WIB
Laboratorium seni budaya dikembangkan
Laboratorium seni budaya dikembangkan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI berencana mengembangkan laboratorium seni dan budaya di berbagai sekolah menengah di sejumlah kota percontohan.

Pernyataan itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Daerah Khusus Yogyakarta (DIY), Baskara Aji. Menurutnya, kebijakan ini digulirkan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik akan seni budaya melalui kegiatan praktik di sekolah.

Baskara menjelaskan, di tingkat DIY sendiri, kebijakan laboratorium seni budaya sudah dilaksanakan sejak lama. Salah satunya dengan pengembangan fasilitas seni budaya seperti gamelan, karawitan dan lainnya.

"DIY memang sudah mengembangkan laboratorium seni budaya sejak diberlakukan Perda Nomor 5 tahun 2011 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya, tidak harus menunggu kebijakan dari pusat," ungkap Baskara Aji kepada wartawan, Minggu (15/9/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, Disdikpora juga mengembangkan sekolah keberbakatan seni budaya di lima kabupaten atau kota. "Di sekolah itu, siswa yang berprestasi di bidang seni dan budaya diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensinya," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5903 seconds (0.1#10.140)