Fathanah kerap pinjam uang pada adik Presiden PKS

Kamis, 12 September 2013 - 17:31 WIB
Fathanah kerap pinjam uang pada adik Presiden PKS
Fathanah kerap pinjam uang pada adik Presiden PKS
A A A
Sindonews.com - Ahmad Fathanah, terdakwa pengurusan suap kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kementan) dan tindak pidana pencucian uang (TPPU), diketahui kerap meminjam uang kepada adik Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta.

Demikian diungkap Saldi Matta saat bersaksi di sidang lanjutan Ahmad Fathanah. Ia mengungkakan, meskipun Ahmad Fathanah dikenalnya sebagai pengusaha sukses, tapi Fathanah tak sungkan untuk meminjam uang kepadanya.

Olong sapaan akrab Ahmad Fathanah dikenal Saldi sebagai orang yang memiliki segudang pengalaman di bisnis event organizer (EO).

"Antara 13 sampai 15 Oktober 2012, dia (Fathanah) pinjam Rp50 juta. Saya setor tunai ke rekening dia di Bank Mandiri," kata Saldi saat bersaksi di sidang Fathanah, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Saldi melanjutkan, bukan sekali Olong meminjam uangnya. Pada 25 Oktober 2012, Fathanah kembali meminjam uang untuk membayar belanjaan setelan jas dan pakaian mewah merk Ermenegildo Zegna senilai Rp5,2 juta, dan tas Louis Vuitton seharga Rp20 juta.

"Selang beberapa hari dia pinjam lagi Rp15 juta. 30 Desember 2012, Fathanah menelepon saya, katanya dari rumah sakit. Dia minta ditransfer uang Rp10 juta. Malam itu juga saya transfer," ujar Saldi.

Mendengar kesaksian itu, Hakim I Made Hendra lantas bertanya kepada Saldi, apakah Saldi tidak heran karena meski Fathanah mengaku sebagai pengusaha, tapi sering pinjam uang dari dia. Saldi mengatakan, pada saat itu dirinya berfikir positif saja kepada Ahmad Fathanah.

"Saya tidak curiga. Tapi saya pernah pesan ke dia, 'Bang saya juga butuh uang buat muterin modal ini.' Saya juga melihat dia dari keluarga terpandang dan berada. Jadi menurut saya mungkin buat dia uang ini kecil nilainya. Saya juga enggak berpikir macam-macam," ucap Saldi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1106 seconds (0.1#10.140)