Penundaan DPT semoga tak ganggu tahapan pemilu

Rabu, 11 September 2013 - 20:31 WIB
Penundaan DPT semoga tak ganggu tahapan pemilu
Penundaan DPT semoga tak ganggu tahapan pemilu
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap penundaan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tak mengganggu tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 yang telah diprogramkan.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Husni Kamil Manik, usai menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI.

Ia mengatakan, dari kesimpulan rapat itu, mereka akan menggelar pertemuan untuk menindaklanjuti kesimpulan tersebut. "Kita akan rapat setelah mendapat kesimpulan dari RDP ini. Diupayakan tidak mengganggu (tahapan) yang berikutnya," katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2013).

"Yang paling berdekatan dengan tahapan ini kan menyangkut lelang barang kebutuhan logistik pemilu. Mudah-mudahan tak mengganggu," sambungnya.

Husni juga belum dapat memastikan, penundaan penetapan DPT ini apakah akan merujuk dengan dikeluarkannya Peraturan KPU (PKPU) yang baru atau tidak. "Nanti kami bahas apakah sampai pada kesimpulan itu (PKPU baru) atau tidak," terangnya.

Jika mendapat dukungan dari pihak terkait lainnya, ia optimis, jangka waktu sebulan yang diberikan Komisi II DPR untuk menyempurnakan DPT, dapat terselesaikan.

"Kita akan sempurnakan bulan ini. Kalau semua komponen penyelenggara pemilu di kabupaten atau kota bisa kerja maksimal, maka bisa sukses. Begitu juga pemerintah bisa maksimal membantu menjelaskan temuan data berbeda," tuntasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hasil RDP memutuskan penundaan penetapan DPT untuk Pemilu 2014 yang semula pada 7 hingga 13 September 2013, menjadi selambat-lambatnya 30 hari terhitung sejak 13 September 2013.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6140 seconds (0.1#10.140)