Pola asuh orangtua bentuk karakter anak

Rabu, 11 September 2013 - 13:31 WIB
Pola asuh orangtua bentuk karakter anak
Pola asuh orangtua bentuk karakter anak
A A A
Sindonews.com - Pola asuh orangtua harus dilakukan secara baik dan maksimal. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter anak dalam menjalani kesehariannya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan, terkait kecelakaan yang menimpa anak musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty, hal ini sangat terkait dengan pola pengasuhan dan pegawasan yang diterapkan orangtua kepada anak.

Menurutnya, orangtua harus tetap melaksanakan fungsi pengawasan dalam setiap hal yang dilakukan anak. Dalam hal ini, tumbuh kembang dan perkembangan anak sangat tergantung kepada orangtua.

"Tentunya musibah ini harus dijadikan pembelajaran oleh semua orangtua," tandasnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Lanjut Linda, terkait tindakan hukum, penggunaan restorative justice (konsep pendekatan secara adil), sangat terbuka kemungkinan dilakukannya perdamaian antar pihak-pihak, sehingga anak dapat dikembalikan ke orangtua.

Mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Tindak Pidana Anak, anak yang berhadapan dengan hukum dapat dibina dalam Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA). Untuk itu, dalam implementasinya kabupaten dan kota diharapkan aktif karena pembangunan fasilitas ini merupakan kewenangan dari daerah, dan mampu diterapkan pada 2014 mendatang.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4468 seconds (0.1#10.140)