Peran mahasiswa dalam kemanusiaan meningkat

Selasa, 10 September 2013 - 14:08 WIB
Peran mahasiswa dalam kemanusiaan meningkat
Peran mahasiswa dalam kemanusiaan meningkat
A A A
Sindonews.com - Peran mahasiswa dan civitas akademis secara umum dalam bidang kemanusiaan makin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya mahasiswa dan generasi muda lainnya yang mendukung kerja kemanusiaan dengan keikutsertaan konkret menjadi relawan.

"Tiap 19 Agustus diperingati Hari Kemanusiaan Sedunia. Peringatan ini sendiri merupakan bentuk penghargaan bagi mereka yang berjuang untuk kemanusiaan, termasuk mahasiswa dan generasi muda lainnya," ujar perwakilan kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UN OCHA) Victor Rembeth, di Yogyakarta, Selasa (10/9/2013).

Dalam sarasehan seputar isu kemanusiaan di UMY, Victor menuturkan, peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia tahun 2013 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran publik akan pentingnya inisiatif dan kerjasama semua pihak dalam menyelesaikan persoalan kemanusiaan.

Menurutnya, dengan keikutsertaan konkret para mahasiswa dalam beberapa kejadian tanggap darurat bencana, UN OCHA menyadari adanya kesempatan besar untuk mengembangkan aspek kepedulian di kalangan generasi muda.

"Kami ingin membangun pemahaman dan semangat kemanusiaan bagi kalangan mahasiswa dan pelajar agar mampu lebih meningkatkan interaksi sosial, kepedulian dan pengabdian untuk sesama. Setelah itu, semangat kemanusiaan tersebut bisa mereka tularkan pada teman-teman mereka," imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4981 seconds (0.1#10.140)