Kualitas gigi anak semakin turun

Minggu, 08 September 2013 - 17:42 WIB
Kualitas gigi anak semakin turun
Kualitas gigi anak semakin turun
A A A
Sindonews.com - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengeluhkan kualitas kesehatan gigi anak-anak Indonesia di bawah usia 12 tahun yang terus menurun. Hal ini dilihat pada kasus rata-rata gigi berlubang (karies) yang meningkat semenjak 2010.

Ketua PB PDGI Zaura Rini Anggraini mengatakan, pada tahun 1970-1980 setiap dua tahun rata-rata anak mengalami satu kasus gigi berlubang (karies), maka pada 2010-an bisa terjadi lebih dari dua kasus gigi berlubang setiap dua tahun.

Menurutnya, hal ini dikarenakan kesadaran merawat gigi generasi pada anak di masa dahulu sangatlah rendah. Namun, pola makan mereka sangat berbeda dengan anak pada masa sekarang. "Anak sekarang terlalu banyak makan atau minum bersoda dan yang mengadung zat pemanis dan asam sehingga gigi mereka banyak berlubang,” tandasnya saat ditemui di Jakarta, Minggu (8/9/2013).

Dia memaparkan, terdapat 24 juta anak di bawah usia 12 yang mengalami permasalahan gigi berlubang. Selain itu, permasalahan gigi berlubang pada anak di negara berkembang cendrung jauh meningkat dari tahun ke tahun. "Ini akibat pola makan yang berubah, gaya hidup dan rendahnya kesadaran merawat gigi," paparnya.

Lanjutnya, peran orangtua juga sangat mempengaruhi akan rendahnya kesadaran dalam memeriksa kesehatan gigi anak, dikarenakan menganggap remeh sakit gigi. Padahal kerusakan gigi dan mulut adalah pintu masuk bagi sejumlah penyakit, seperti kurang gizi, penyakit jantung dan hipertensi.

Dia menambahkan, di negara-negar maju, walaupun mereka mengonsumsi makanan yang kurang sehat, tapi kesadaran dalam menjaga kesehatan gigi seperti memeriksa kesehatan gigi ke dokter sangatlah tinggi.

"Sakit gigi pada juga dapat mengganggu proses belajar mereka. Penelitian yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan lebih dari 50 juta jam per tahun waktu anak sekolah hilang karena penyakit gigi dan mulut," tambahnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6412 seconds (0.1#10.140)